nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soni Sumarsono Beberkan Banyaknya Kepala Daerah yang Terjerat Korupsi

Neneng Hasanah, Jurnalis · Kamis 20 Desember 2018 16:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 20 337 1993963 soni-sumarsono-beberkan-banyaknya-kepala-daerah-yang-terjerat-korupsi-FbvSHezN7a.jpg Foto: Neneng/Okezone

JAKARTA - Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri RI, Soni Sumarsono membocorkan faktor-faktor terjadinya kasus korupsi yang menjerat Kepala Daerah di Indonesia.

Menurutnya, faktor yang paling menonjol dari korupsi adalah adanya kesalahan sistem, integritas kepemimpinan kepala daerah, dan budaya organisasi yang kurang tepat.

"Tiga poin itu yang menjadi fokus Kemendagri dalam rangka membina, mengawasi pemerintah daerah," kata Soni di acara diskusi: Strategi Kepala Daerah Cegah OTT, di Hotel Mandarin Oriental, Jalan M.H Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018).

ko

(Baca juga: Jimly Imbau KPU Segera Revisi PKPU soal Calon Kepala Daerah Jadi Tersangka)

Ia pun mengapresiasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah berusaha keras dalam rangka menegakkan hukum, melalui instrumen Operasi Tangkap Tangan (OTT) kepada pelaku yang merugikan negara itu.

"Kami Kemendagri prihatin, hari ini kok ya masih ada yang melanggar aturan hingga terkena OTT," sambungnya.

 (Baca juga: Ketimbang Perppu, PPP Usulkan Revisi UU Pilkada Terkait Calon Kepala Daerah Berstatus Tersangka)

Soni pun berharap agar kasus korupsi yang terjadi saat ini menjadi yang terakhir. "Mudah-mudahan harapan kita ke depan ini adalah yang terakhir," pungkasnya.

 ko

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini