nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR: KKB di Papua Dapat Ditangani dengan Pendekatan Keamanan dan Sosial-Budaya

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 06:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 14 337 1991082 dpr-kkb-di-papua-dapat-ditangani-dengan-pendekatan-keamanan-dan-sosial-budaya-cw4htyYFMr.jpg Aparat gabungan mencari korban yang lolos dari pembunuhan sadis oleh KKB di Papua. (Foto : Okezone/Dok Polda Papua)

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR Andreas Hugo Pareira mengatakan pemerintah perlu melakukan dua pendekatan untuk menangani kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Sebelumnya, KKB pimpinan Egianus Kogoya membantai 31 pekerja di Nduga, Papua. Hingga kini TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap gerombolan separatis tersebut.

"(Dua pendekatan itu yakni) pendekatan keamanan dan sosial budaya," kata Andreas kepada Okezone, Jumat (14/12/2018).

Ketua DPP PDI Perjuangan itu menuturkan, pendekatan keamanan dilakukan oleh polisi dengan TNI sebagai kekuatan perbantuan pada polisi untuk mengatasi gerombolan.

Korban KKB di Papua. (Saldi Hermanto/Okezone)

(Baca Juga : Pasca-Pembantaian Pekerja Istaka Karya, Polisi Petakan Pergerakan KKB di Papua)

"KKB ini adalah kekuatan gerombolan yang seharusnya apabila polisi dan TNI bisa bekerjasama baik secara continue, kekuatan mereka sebenarnya tidak besar dan mereka hidup di tengah masyarakat," ujar Andreas.

(Baca Juga : TNI-Polri Kembali Temukan 10 Pekerja di Nduga)

"Oleh karena itu harus diikuti dengan pendekatan sosial budaya untuk menyadarkan masyarakat untuk tidak melindungi dan memberi ruang pada mereka," pungkas dia.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini