nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sidang Dugaan Merintangi Penyidikan, Lucas Kekeuh Tak Kenal Dina Soraya

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 13:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 13 337 1990721 sidang-dugaan-merintangi-penyidikan-lucas-kekeuh-tak-kenal-dina-soraya-DrQRflLR6x.jpg Terdakwa Lucas. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Terdakwa kasus dugaan merintangi penyidikan mantan petinggi Lippo Group Eddy Sindoro, Lucas, bersikeras atau kekeuh tidak mengenal sosok pegawai PT Gajendra Adhi Sakti, Dina Soraya. Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lucas diduga membantu Eddy Sindoro yang sedang diburu.

Dia disebut meminta bantuan Dina untuk mengatur pelarian Eddy Sindoro, saat itu berstatus tersangka, dari Malaysia menuju Jakarta lalu terbang lagi ke Bangkok.

(Baca juga: Pihak Lucas Minta KPK Bongkar Peran Sosok Jimmy dalam Kasus Pelarian Eddy Sindoro)

"Dalam persidangan menyatakan bahwa Dina tidak mengenal Lucas, dan saya tidak mengenal Dina," ucap Lucas di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

Lucas mengklaim tidak pernah melakukan komunikasi dengan Dina Soraya. Dengan adanya fakta tersebut, tutur Lucas, maka dakwaan Jaksa KPK dinilai merupakan hasil rekayasa untuk mencari kesalahan dirinya.

"Sudah terbukti jadi apa yang didakwa dalam dakwaan jaksa maupun cerita dalam BAP adalah rekaan saja tidak faktanya," ucap Lucas.

(Baca juga: Lucas Ragukan Kesaksian Dina Soraya di Sidang Kasus Merintangi Penyidikan Eddy Sindoro)

Dalam perkara ini, Lucas diduga membantu mantan petinggi Lippo Group Eddy Sindoro yang sedang diburu untuk melarikan diri dan menyembunyikannya di luar nege‎ri. Ia juga diduga membantu Eddy Sindoro ketika akan ditangkap otoritas Malaysia.

Lucas disangkakan melanggar Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini