nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Ingin Seluruh Keluarga Miskin Menerima PKH pada 2020

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 11:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 13 337 1990656 jokowi-ingin-seluruh-keluarga-miskin-menerima-pkh-pada-2020-A3JMUDsRBL.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan semua keluarga miskin dapat menerima bantuan program keluarga harapan (PKH) pada 2020. Selama dua tahun ini, pemerintah telah memberikan bantuan kepada 16 juta kepala keluarga yang tidak mampu.

"Kalau ini nanti sudah mapan, di 2020 saya ingin agar yang masuk dalam kotak keluarga miskin, kurang lebih 15,6 juta, itu semuanya harus dapat PKH," kata Jokowi saat memberikan pengarahan dalam jambore sumber daya program keluarga harapan tahun 2018, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

 (Baca juga: Angka Kemiskinan Turun, Indonesia Jadi Tempat Belajar 15 Negara)

Kepala Negara mengatakan bahwa tugas pemerintah dalam memastikan seluruh keluarga sejahtera adalah tugas yang sangat berat. Petugas PKH, sambung dia, juga harus mendampingi para keluarga-keluarga miskin untuk bisa berkehidupan lebih mapan.

"Oleh karena itu lihat validasi data. Itu penting sekali. Dan itu tanggung jawab bapak ibu sekalian," tegas dia.

mensos

 (Baca juga: DPR Sepakat Program Keluarga Harapan Dilanjutkan Guna Entaskan Kemiskinan)

Jokowi juga meminta agar penyaluran dana PKH betul-betul sampai ke tangan penerima manfaat. Sebab, dana yang dikucurkan pada program ini tak sedikit, dan setiap tahunnya meningkat.

"Karena kita tahu Rp19 Triliun (dikucurkan untuk tahun) 2018. Tahun depan, meloncat jadi Rp34 triliun. Tahun depannya lagi enggak tahu melompat berapa lagi," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini