nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pihak Lucas Minta KPK Bongkar Peran Sosok Jimmy dalam Kasus Pelarian Eddy Sindoro

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 10:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 13 337 1990635 pihak-lucas-minta-kpk-bongkar-peran-sosok-jimmy-dalam-kasus-pelarian-eddy-sindoro-h75pq5Jc22.jpg Lucas diduga membantu pelarian Eddy Sindoro ke luar negeri. Foto: Okezone/Ariw Dwi Satrio

JAKARTA - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) kembali melanjutkan proses persidangan kasus dugaan merintangi penyidikan mantan bos Lippo Group, Eddy Sindoro, dengan terdakwa Pengacara Lucas. Adapun agenda persidangan hari ini, masih akan mendengarkan keterangan dari saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut KPK.

Menjelang proses persidangan, Kuasa hukum Lucas, Wa Ode Nur Zainab meminta pihak lembaga antirasuah untuk membongkar peran dari Chua Chwee Chye alias Jimmy, yang merupakan rekan Eddy Sindoro.

Zainab mengungkapkan, pegawai PT Gajendra Adhi Sakti, Dina Soraya, salah satu saksi menyebut pihak yang pertama kali minta bantuan dalam pelarian Eddy Sindoro adalah Jimmy. Oleh karena itu, dia menegaskan, KPK harus menguak peran dari Jimmy.

"Lalu siapakah Jimmy ini? Mengapa perannya tidak diungkap dan bahkan terkesan disembunyikan? Mengapa komunikasinya dan hubungannya dengan Dina Soraya tidak diungkap?" kata Zainab di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Foto/Ist 

Diketahui, Jimmy adalah orang yang mendampingi Eddy Sindoro saat melarikan diri ke Malaysia. Dia juga ikut ketika Eddy Sindoro terbang ke Jakarta, dan kemudian terbang kembali menuju Bangkok, Thailand.

Baca: Lucas Didakwa Bersama Dina Soraya Bantu Pelarian Eddy Sindoro 

Baca: KPK Periksa 4 Anggota Polri Eks Ajudan Sekretaris MA Nurhadi

Zainab menjelaskan, Dina Soraya sudah mengenal sosok Jimmy sejak 2009 di Singapura. Menurutnya, Dina yang sampai mengenalkan Jimmy kepada atasannya, konglomerat Riza Chalid.

Di sisi lain, Zainab mengklaim bahwa kliennya tidak mengenal dekat Dina. Menurutnya, Lucas mengenal Dina saat berkunjung ke kantor Riza Chalid pada 2012. Selepas itu, kata Zainab, Lucas sudah tak pernah bertemu lagi.

"Setelah pertemuan tersebut antara Lucas dan Dina Soraya tidak pernah ada hubungan profesional ataupun personal seperti berpergian ataupun makan bersama," ujar Zainab.

Foto/Okezone 

Zainab menegaskan bahwa Lucas tak pernah memerintahkan Dina membantu Eddy Sindoro melarikan diri—tersangka suap pengajuan PK pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Tidak terdapat upaya-upaya merintangi penyidikan kasus Eddy Sindoro sesuai yang didakwakan kepada Lucas," tutur Zainab.

Dalam perkara ini, Lucas diduga membantu Eddy Sindoro yang sedang diburu ketika melarikan diri serta menyembunyikan mantan petinggi Lippo Group tersebut keluar nege‎ri.

Lucas disangkakan melanggar Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini