nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Kasus Kematian Akibat Dipatuk Ular di Indonesia, Nomor 2 Paling Heboh

Putri Rahmadanti, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 19:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 12 337 1990368 deretan-kasus-kematian-akibat-hewan-berbisa-IB6C7Zq7M3.jpg Ular (ist)

JAKARTA - Kasus Salasiah, wanita 38 tahun asal Banjar, Kalimantan Selatan menjadi perbincangan publik. Viralnya kisah Salasiah karena ketika ia sudah tewas, jasadnya tak dikebumikan, melainkan dibiarkan diteras rumah.

dari data yang dihimpun Okezone, berikut sederet kasus kematian yang diakibatkan oleh hewan berbisa:

1. Salasiah tewas digigit ular di Banjar

Salasiah (38) warga Kompleks Arrahman RT 02, Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar tewas digigit ular pada saat mencari ikan yang lokasinya berjarak 30 meter dari rumahnya. Korban digigit ular berbisa jenis kobra dengan luka di bagian bawah samping lutut, sehingga membuat Salasiah langsung terkapar di TKP, Senin 10 Desember 2018.

 Baca juga: Seorang Penggembala Sapi Digigit Ular saat Tidur Pulas di Tenda

Hal ini membuat sejumlah warga berdatangan. Pasalnya, jenazah Salasiah tidak disemayamkan di dalam rumah, melainkan diletakkan di teras rumahnya hingga diberikan tenda oleh warga agar jenazahnya tidak kepanasan ataupun kehujanan.

 Ular (Getty Images)

2. Rizky tewas dipatuk ular di Palangka Raya

 

Dewa Rizky Achmad (19) salah satu warga Danau Rangas, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekanraya, Palangka Raya tewas karena dipatuk ular king cobra pada 9 Juli 2018. Namun, pihak keluarganya berkeyakinan kalau Rizky hanyalah mati suri. Ditambah, tetua adat yang mengatakan bahwa Rizky akan hidup kembali di hari ke-7 kematiannya.

Setelah dipatuk king cobra sepanjang 3 meter, akhirnya Rizky dikebumikan pada Kamis 12 Juli 2018 karena keluarganya sudah merelakan kepergian Rizky untuk selama-lamanya.

 Baca juga: Lewat Buku Harian, Pakar Reptil Dokumentasikan Kematiannya Setelah Digigit Ular Berbisa

3. Mbah Sutrisno tewas membiru digigit ular

Mbah Sutrisno (58) ditemukan tergeletak tak bernyawa di ladang dengan kondisi membiru yang diduga racun mematikan. Sebelumnya korban diketahui berangkat ke ladang pada Senin 10 September 2018 sekira pukul 07.00 WIB. Namun, hingga menjelang Maghrib korban tak kunjung pulang.

Menurut Kabag Ops Polres Wonosobo, Kompol Sutomo korban meninggal diduga karena digigit ular. Hal itu terbukti dari adanya dua lubang bekas gigitan di pinggang korban dan adanya kebiru-biruan di bawah dada.

 Baca juga: Ngeri, Ular Sanca Menggelantung di Kabel Listrik Bikin Panik Warga

"Setelah diperiksa terjadi orang meninggal dunia yang diduga karena digigit ular. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya dua lubang bekas gigitan di pinggang korban dan adanya kebiru-biruan di bawah dada yang dimungkinkan akibat bisa ular," kata Kabag Ops Polres Wonosobo, Kompol Sutomo, Selasa 11 September 2018.

4. Guru SMA tewas dipatuk ular di sawah

Sunarjo (50) ditemukan tewas di persawahan Desa Jumbleng, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Tubuh korban tergeletak dengan posisi miring ke kanan pertama kali ditemukan pada Minggu 26 Februari 2017 oleh Casdirah saat melintas di area persawahan.

 Baca juga: Kisah Heroik Seorang Ibu Selamatkan Balitanya dari Lilitan Ular Piton 4 Meter

Menurut Kapolres Indramayu, AKBP Eko Sulistyo Basuki hasil pemeriksaan sementara ada bekas empat lubang gigitan kecil ular berbisa yang mengeluarkan darah di pergelangan kaki kirinya.

"Dari hasil pemeriksaan sementara, ada bekas empat lubang gigitan kecil ular berbisa yang mengeluarkan darah di pergelangan kaki sebelah kiri. Namun kami masih tetap akan melakukan autopsi untuk mengetahui pasti penyebabnya," kata Eko, Senin 27 Februari 2016.

 ular

5. Pemandu wisata tewas dipatuk ular kobra

Putu Agus Edi Darmawan (31) pemandu wisata asal Desa gumbrih, Pekutatan, Jembrana tewas usai dipatuk ular kobra saat mengantarkan dua wisatawan asal Inggris melihat sarang ular kobra di pingir sungai Kutek, Jembrana.

 Baca juga: Viral Aksi Mendebarkan Seorang Kurir Tangkap King Cobra di Sampit Kalteng

"Saat melihat sarang ular kobra yang berisi telur ular, tiba-tiba korban di patuk ular jenis king kobra pada jari telunjuk tangan kiri," kata Kasat Reskrim Polres Jembrana, AKP Gusti Made Sudarma Putra, Rabu 13 April 2016.

Kemudian korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Negara untuk mendapatkan pengobatan. Namun, nyawa korban tidak tertolong lantaran racun bisa ular tersebut.

6. Sahral tewas digigit ular

Sahral (50) warga Dusun Tolebar Laok, Desa Pasanggar, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur ditemukan tewas diduga digigit ular saat tengah mencangkul di sawahnya untuk persiapan menanam tembakau.

 Baca juga: Kakek di Sragen Tangkap Piton 3 Meter Sendirian Hebohkan Warga

Menurut tetangganya, Surah (55) korban ditemukan oleh istrinya lantaran korban tidak pulang ke rumah. Korban didapati luka pada jari kaki kiri yang diduga akibat patokan ular berbisa. Korban pun langsung dibawa ke rumahnya yang hanya berjarak 500 meter dari sawah. (rzy)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini