nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai Keterlibatan Asing di Balik Ulah Kelompok Bersenjata Papua

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 07:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 12 337 1990040 waspadai-keterlibatan-asing-di-balik-ulah-kelompok-bersenjata-papua-Rhqu8kK8QT.JPG Evakuasi korban penembakan KKB di Papua (Foto: Okezone)

JAKARTA – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah dengan menyerang para pekerja hingga tewas di Kabupaten Nduga, Distrik Yigi, Papua. Aksi brutal KKB ini sudah kesekian kalinya terjadi di Bumi Cenderawasih. Oleh karenanya, pemerintah dan aparat keamanan didorong untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Pengamat militer dan intelijen, Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati mengimbau pemerintah mewaspadai kemungkinan adanya pihak asing di balik sepak terjang KKB di Papua. Apalagi diakuinya, bisa saja wilayah itu disusupi oleh agen intelijen asing yang melakukan spionase di sana.

“Perlu juga dilidik (selidiki) apakah ada faktor asing yang ikut andil? Kita ketahui banyak pers di sana. Desepsi atau bukan juga harus jelas,” ucap Susaningtyas saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Wanita yang akrab disapa Nuning ini menjelaskan, Pemerintah RI sejatinya tetap menjaga kesolidan dengan menggencarkan konsolidasi dan koordinasi lintas lembaga, serta menegakkan hukum yang tegas. Sehingga, kepercayaan rakyat terhadap pemerintah tidak luntur begitu saja.

KKB di Papua

"Begitu juga organisasi Melanesian Spearhead Group (MSG) maupun negara pasifik lain harus tetap dijaga agar tidak berada pada posisi yang berhasil membuat Papua sulit," kata Nuning.

Ia juga menyarankan agar dilakukan koordinasi atau pembahasan untuk menghasilkan kebijakan yang dapat menyelesaikan masalah secara inklusif terkait Papua. Semua unsur sejatinya berembug untuk menyelesaikan masalah keamanan ini.

"Di sini kita tidak bisa melihat sisi keamanan hanya dari sisi TNI-Polri tapi juga bagaimana kementerian dan lembaga ikut serta menanganinya. Terlebih pemda setempat jangan diabaikan perannya. Hal ini hanya beres bila saling bahu-membahu. Bila ada hal seperti ini jangan melulu melihat kinerja Polri-TNI dan BIN," tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini