nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Pembuang Sekarung E-KTP di Duren Sawit, Mendagri: Pasti "Orang Dalam"

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 17:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 10 337 1989284 soal-pembuang-sekarung-e-ktp-di-duren-sawit-mendagri-pasti-orang-dalam-8HMQDVs0xD.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo. (Foto : Dok Okezone)

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mencurigai ada keterlibatan orang dalam dari oknum pegawai Kemendagri soal temuan sekarung KTP elektronik (e-KTP) di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Tjahjo menduga adanya persamaan dari rentetan peristiwa kasus e-KTP yang sebelumnya terjadi di Lampung serta di Pramuka. Ia memastikan telah melaporkan kasus temuan e-KTP di Duren Sawit ke Bareskrim Polri agar segera diusut tuntas.

"Hari ini sudah resmi dilaporkan ke Bareskrim, sekarang sedang diselidiki yang buang di sawah, Duren Sawit, pasti ‘orang dalam’," ujar Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Politikus PDI Perjuangan itu mengaku belum mengetahui oknum pelaku pembuangan sekarung e-KTP di Duren Sawit. Dia menyerahkan seluruhnya kasus ini ke Polri.

E-KTP Dalam Karung (Ist)

"Motivasinya apa? Politiskah? Ada motivasi kesengajaankah? Sekarang sedang diselidiki kepolisian. Kalau sampai ini terbukti oleh kepolisian (orang dalam Kemendagri), pecat," urainya.

Ia menerangkan, e-KTP yang ditemukan dalam karung sudah kedaluwarsa. Tjahjo mengatakan, seharusnya e-KTP yang sudah kedaluwarsa itu dimusnahkan dengan cara dipotong-potong terlebih dahulu, sebelum dibuang.

(Baca Juga : Mendagri Laporkan Penemuan Sekarung E-KTP di Duren Sawit ke Bareskrim)

"Nah, ini kok belum dipotong udah disebar. Nyebar-nya dekat rumah oknum. Saya enggak berani mendahuluilah. Biar kepolisian periksa dulu aja," ucap Tjahjo.

Ia memastikan, telah melaporkan kasus ini ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Wakapolri Komjen Ari Dono agar kasus penemuan sekarung e-KTP ini menjadi atensi Korps Bhayangkara.

"Kami lapor ke Pak Wakapolri juga. Kemarin sudah lapor ke Kapolri juga agar ada atensi usut ini," kata Tjahjo.

(Baca Juga : Ribuan E-KTP yang Ditemukan di Duren Sawit Sudah Kedaluwarsa)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini