nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perburuan KKB di Papua Terhambat Bukit dan Pegunungan

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 02:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 10 337 1988976 perburuan-kkb-di-papua-terhambat-bukit-dan-pegunungan-M69n5VwDdV.jpg Kadiv Humas Polri, Brigjen M Iqbal. (Foto: M Rizky/Okezone)

SEMARANG - Satgas gabungan TNI-Polri terus memburu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Sebelumnya petugas telah berhasil merebut Distrik Yigi dan Kabupaten Nduga dari kelompok tersebut.

“Alhamdulillah TNI-Polri sangat profesional di bidang itu, kita dapat pukul mundur (KKB). Distrik Yigi dan Kabupaten Nduga sudah bisa kita kuasai,” kata Kadiv Humas Polri, Brigjen Pol M. Iqbal di sela peresmian Klinik Kesehatan Pratama Akpol Semarang, Minggu (9/12/2018).

Meski demikian, dia belum menjelaskan titik lokasi persembunyian KKB saat ini. “Belum bisa pastikan, tapi yang jelas di bukit itu sudah clear. Tapi bisa saja di situ kan banyak bukit-bukit dan pegunungan-pegunungan,” terangnya.

(Baca juga: Kesaksian Pekerja Selamat Lihat 2 Rekannya Dibunuh KKB Papua)

Menurutnya, selain mengejar KKB, petugas gabungan juga mencari lima korban tewas yang tercatat sebagai pekerja proyek PT Istaka Karya. Jasad mereka diduga dibawa KKB dalam pelariannya ke pegunungan.

Kodam CenderawasihProses evakuasi jenazah korban pembunuhan KKB di Papua. (Foto: Kodam Cenderawasih)

“Melakukan evakuasi korban kan tidak mudah. Kita merebut tempat kejadian perkara itu tidak mudah. Paralel dengan itu, TNI dan Polri akan mengejar sampai di manapun kelompok ini dan kita tangkap kita akan proses hukum,” tegasnya.

Sebelumnya, dia mengatakan lima korban tewas yang merupakan karyawan PT Istaka Karya dikabarkan dibawa KKB ke pegunungan. Sementara korban tewas lainnya telah berhasil dievakuasi.

“TNI-Polri di bawah pimpinan Pangdam dan Kapolda Papua sedang fokus mencari lima orang yang diduga tewas akibat penembakan. Yaitu lima karyawan Istaka Karya, yang lain sudah dapat dievakuasi,” kata dia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini