nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Diminta Ungkap Otak di Balik Jual-Beli Blangko E-KTP secara Online

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Minggu 09 Desember 2018 06:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 09 337 1988723 polisi-diminta-ungkap-otak-di-balik-jual-beli-blangko-e-ktp-secara-online-5FGaUxJwbd.jpg Ilustrasi.

JAKARTA - Kasus jual-beli blangko e-KTP di situs online dan Pasar Pramuka, Jakarta Timur disebut masuk ke dalam ranah tindak pidana. Oleh sebab itu, pelaku yang memperjualbelikan harus diproses secara hukum.

"Kalau ada jual beli blangko e-KTP secara ilegal tentu itu pidana," kata Direktur Eksekutif Lembaga Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan kepada Okezone, Sabtu (8/12/2018).

Menurut Edi, jual beli blangko e-KTP sangat berbahaya karena dapat disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Praktek seperti itu juga merugikan negara.

Ilustrasi.

"Mereka oknum bisa diproses karena tindakannya itu merugikan negara," ucap Edi.

(Baca juga: Mendagri: Penjual Blangko e-KTP Sudah Teridentifikasi Polisi)

Karena itu, Kriminolog Universitas Borobudur itu meminta aparat kepolisian untuk melakukan penyelidikan agar dapat mengungkap otak di balik penjualan blangko e-KTP.

"Polisi harus dalami dan ungkap siapa di belakangnya," ujar Edi.

Sebelumnya, kasus penjualan blangko E-KTP secara online terungkap ke publik. Penjual blangko e-KTP di pasar daring itu diduga dilakukan anak pejabat Disdukcapil Provinsi Lampung.

Kemendagri pun telah melaporkan persoalan tersebut ke Mapolda Metro Jaya untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini