nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Saya Lihat, Feeling untuk Masuk Politik Itu Bobby

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Sabtu 08 Desember 2018 15:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 08 337 1988537 jokowi-saya-lihat-feeling-untuk-masuk-politik-itu-bobby-imCD843SOw.jpg Jokowi Sekeluarga (Fakhrizal Fakhri/Okezone)

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempunyai prediksi bahwa menantunya Bobby Nasution akan mengikuti jejaknya terjun ke dunia politik. Meski demikian, ia menilai, Bobby juga masih fokus dalam bisnisnya Kopi Jolo.

"Yang saya lihat, feeling politik sudah mulai masuk itu Bobby. dikit-dikit sudah lebih ada keinginan. Bicara politik juga sudah ada. (Kalau) yang lain belum," ujar Jokowi saat bincang-bincang dengan media di Green Garden, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12/2018).

 Baca juga: Akankah Gibran Ikuti Jejak Jokowi Terjun ke Dunia Politik?

Jokowi mengatakan, kedua anaknya Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep belum memiliki keinginan untuk terjun ke dunia politik. Kedua anaknya itu, lanjut dia, tengah berfokus untuk mengembangkan usahanya di bidang kuliner.

 Jokowi, Bobby dan Jan Ethes

"Kalau saya lihat ya, saya sebagai Bapaknya anak-anak. Kan sering ngomong-ngomong, ngobrol. Gibran ini belum. Feeling politiknya kok belum. Masih senang 100% di dunia usaha. Kaesang apalagi. Senang-senangnya buka sini, buka sini," ucapnya.

 Baca juga: Jokowi Curhat Sulitnya Berkumpul dengan Keluarga

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memastikan, tak pernah menyetir keinginan setiap anaknya. Menurut dia, setiap anak bebas menentukan jalan hidupnya.

"Saya sejak kecil mereka sudah diberi kebebasan untuk menentukan pilihan ke mana. Tapi tadi prinsip-prinsip mereka sudah tahu semua," jelasnya.

 Baca juga: Jokowi Bilang Media Berperan Besar Atas Kariernya

Jokowi mengaku, tegas dalam mendidik anaknya ketika berbicara soal prinsip seperti pendidikan keagamaan. Kepada buah hatinya itu, ia menerangkan bahwa berbisnis dengan menjadi politikus merupakan dua dunia yang berbeda.

"Cara bekerjanya beda, prosedurnya beda, cara memerintahnya juga beda. Jadi jangan dianggap pandai mengelola bisnis, kemudian masuk ke pemerintahan langsung bisa sukses, belum tentu. Karena berbeda," imbuhnya.

Ia pun menyarankan anak-anaknya jika ingin berkarier ke dunia politik harus memulai dari bawah mulai tingkat bupati/wali kota baru kemudian beranjak bertarung untuk jabatan gubernur.

"Lebih baik kalau dari bupati, wali kota, naik ke gubernur. Memiliki sebuah jenjang. Mengusai yang kecil, sedang, dan besar," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini