nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri: Penjual Blangko e-KTP Sudah Teridentifikasi Polisi

Angkasa Yudhistira, Okezone · Sabtu 08 Desember 2018 09:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 08 337 1988446 mendagri-penjual-blangko-e-ktp-sudah-teridentifikasi-polisi-eN2iqEA1UX.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan tidak ada kebocoran data kependudukan. Hal tersebut dikatakannya terkait ramainya informasi yang menyatakan kebocoran data.

"Database kependudukan tidak jebol. Tidak ada data penduduk yang bocor," tulis Tjahjo dalam akun Twitternya, Sabtu (8/12/2018).

Soal kasus penjualan blangko e-KTP, politikus PDI Perjuangan itu menegaskan pihak berwajib sudah berhasil mengidentifikasi pelaku.

"Perbuatan pidana penjualan blangko KTP el melalui salah satu situs jual beli online, sudah tertangani dan pelaku sudah teridentifikasi. Pelaku jual beli blangko KTP-el kini sudah ditangani polisi," tandasnya.

Sebelumnya, Ditjen Dukcapil mengungkap kasus penjualan blangko E-KTP secara online. Penjual blangko e-KTP di pasar daring itu diduga dilakukan anak pejabat Disdukcapil Provinsi Lampung.

 

(Baca Juga: Kasus Jual-Beli Blangko E-KTP, Kemendagri Diminta Evaluasi Pengawasan Data Kependudukan)

(Baca Juga: Kasus Penjualan Blangko E-KTP, BPN Prabowo-Sandi Khawatirkan Data Rakyat)

Kemendagri pun telah melaporkan persoalan tersebut ke Mapolda Metro Jaya untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Harryadin Mahardika, khawatir dengan adanya temuan blangko kosong e-KTP yang dijualbelikan secara bebas di pasar daring (online). Menurut dia, peristiwa ini "puncak dari gunung es" ketidakprofesionalan pengelolaan KTP sebagai salah satu dokumen identitas diri paling penting bagi masyarakat Indonesia.

"Dasar dari gunung es tersebut sebenarnya adalah kurang kuatnya prosedur (SOP) pengamanan dokumen dan blangko E-KTP," ungkap Harryadin dalam keterangan yang diterima Okezone.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini