nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tangkal Hoax, Pemerintah Imbau Humas Kementerian Gunakan Pendekatan Budaya

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 20:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 05 337 1987367 tangkal-hoax-pemerintah-imbau-humas-kementerian-gunakan-pendekatan-budaya-9vjRTBorwE.jpg Menkominfo Rudiantara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengimbau kepada seluruh humas media dari kementerian dan lembaga negara untuk melakukan pendekatan secara budaya. Hal tersebut sebagai salah satu cara untuk menangkal hoax yang kini merajalela di dunia maya.

Menurut Rudiantara, pendekatan secara budaya lebih efektif dalam penyampaian pesan ke masyarakat sekaligus sarana yang baik untuk menangkal hoax.

"Penyampaian informasi ke masyarakat membutuhkan cara yang efektif. Salah satu cara yaitu dengan menggunakan budaya seperti wayangan dan sebagainya,” papar Rudiantara dalam penyelenggarakan Anugerah Media Humas (AMH) ke-13.

Sementara itu Dirjen Informasi dan Komunikasi Kemenkominfo Niken Widiastuti mengungkapkan Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kemenkominfo memberikan penghargaan kepada humas media terbaik yang dianggap berhasil menyampaikan informasi kepada masyarakat secara baik dan efektif di tingkat Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah, BUMN, dan PTN.

"Pada tahun ini, kami melakukan penyesuaian pada kategori perlombaan AMH. Fokusnya pada aktivitas kehumasan yang terukur dan berdampak nyata ke publik,“ ujar Niken.

Pada tahun ini Kementerian Keuangan kembali menyabet juara umum humas terbaik pada AMH 2018. Untuk kategori pelayanan informasi melalui internet (website) kategori pemerintah daerah, juara umum disabet oleh Kota Tangerang disusul Kabupaten Bojonegoro dan Kota Bandung.

Selain penghargaan untuk bidang kehumasan, AMH yang merupakan rangkaian dari gelaran SAIK 2018 juga memberikan penghargaan bagi stand pameran terbaik. Kementerian Sekretariat Negara menyabet penghargaan stand terbaik. Disusul kemudian stand terfavorit diraih oleh Kementerian Pariwisata, stand dekorasi terbaik diraih oleh Kementerian Perhubungan, Stand pelayanan terbaik diraih oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Stand Terinovatif diraih oleh BMKG.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini