nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BSSN Paparkan Ancaman Serius Dunia Maya di Era Globalisasi

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 05 Desember 2018 16:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 05 337 1987213 bssn-paparkan-ancaman-serius-dunia-maya-di-era-globalisasi-VjZTfu2Fcw.jpg Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN, Irjen Dharma Pongkerun (Foto: Rizky/Okezone)

JAKARTA - Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Irjen Pol Dharma Pongrekun mengatakan perkembangan dunia di era globalisasi yang sangat cepat tak hanya memiliki dampak positif terhadap suatu negara melainkan juga negatif.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat dengan munculnya dunia maya menjadi ancaman serius bagi suatu bangsa yang tidak mudah untuk diantisipasi.

"Teknologi memainkan peran sangat penting sehingga setiap negara harus mengawasi dunia maya itu. Salah satu produknya yang paling menonjol adalah media sosial yang memengaruhi kehidupan," kata Dharma saat menjadi pembicara di acara Cyber Security Indonesian Conference , di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Rabu, (5/12/2018).

Dharma mengatakan, bahaya yang muncul dari dunia siber diakibatkan karena hampir tidak adanya batasan bagi para pengguna media sosial. Di sisi lain undang-undang juga dinilai belum bisa mencakup semua aspek tersebut. "Tanpa UU itu kita tidak bisa berbuat apa-apa," ungkapnya.

Namun demikian, tambah Dharma, masih ada upaya untuk mengantisipasi hal itu dengan memperkuat ketahanan nasional dan memberikan pemahaman terhadap masalah di pilar kebangsaan. "Kita harus kembalikan kepada Pancasila, UUD 1945 dan Kebhinekaan itu yang harus kita jaga keutuhannya," ungkapnya.

Sebab sambungnya, tanpa itu teknologi ini hanyalah membuat kita menjadi sulit berempati, membuat kita menjadi bangsa yang egois.

"Karena konsep siber larinya akan kesana, sehingga sementara kultur bangsa kita tidaklah demikian. Kita tetap menjaga kebersamaan, keutuhan bangsa, bagaimana mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tukasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini