2 Peleton Personel Gabungan Diterjunkan Buru KKB Pembunuh 31 Pekerja Trans Papua

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 04 Desember 2018 08:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 04 337 1986496 2-peleton-personel-gabungan-diterjunkan-buru-kkb-pembunuh-31-pekerja-trans-papua-owRdIpDQmE.JPG Kelompok kriminal bersenjata di Papua. (iNews)

JAKARTA – Tim gabungan dari TNI dan Polri menerjunkan dua Satuan Setingkat Peleton (SST) yang sedikitnya berjumlah 70 personel ‎ke lokasi pembunuhan 31 pekerja jembatan Trans Papua di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Tim gabungan dipimpin Kabag Ops Polres Jayawijaya, AKP Ramon RL Tahapary.

"Tim gabungan kekuatan 2 SST dipimpin oleh Tahapary, Kabag Ops Res Jayawijaya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Dedi Prasetyo kepada Okezone, Selasa (4/12/2018).

Dedi mengaku hingga kini belum mendapatkan laporan terakhir posisi dari personel gabungan tersebut‎. Sebab, sinyal untuk melaporkan kondisi terkini di daerah tersebut cukup minim.

"Masih dalam pengecekan oleh tim gabungan kekuatan dua SST karena area blank spot, tidak ada sinyal," terangnya.

OPM Papua merdeka bintang kejora (Dok OPM)

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pembunuhan terhadap 31 pekerja PT Istaka Karya yang sedang melakukan pembangunan jalan Trans Papua dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoyo. Polisi mendapatkan laporan pembunuhan tersebut pada Senin, 3 Desember 2018.

KKB tersebut diduga membunuh 31 pekerja Trans Papua karena tidak terima ada salah satu pekerja yang mengambil foto upacara peringatan HUT Operasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2018. Upacara tersebut dilakukan di Distrik Mbua.

(Baca Juga : 31 Pekerja Dibunuh KKB Papua, TNI-Polri Siagakan Pasukan)

Awalnya, KKB membunuh ‎24 orang pekerja pada Sabtu, 1 Desember 2018. Sedangkan delapan pekerja lainnya berhasil melarikan diri dan bersembunyi di salah satu kediaman anggota DPRD setempat.

Kemudian, pada Minggu, 2 Desember 2018, KKB menjemput delapan orang yang bersembunyi dan membunuhnya secara keji. Dikabarkan, masih ada satu pekerja yang berhasil lolos dalam pembunuhan tersebut.

(Baca Juga : Tim Gabungan TNI-Polri Buru KKB Pembantai 31 Pekerja di Papua)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini