nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sekolah Inklusi Bisa Menumbuhkan Sikap Toleransi Antara Murid Difabel dan Non Difabel

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 19:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 03 337 1986313 sekolah-inklusi-bisa-menumbuhkan-sikap-toleransi-antara-murid-difabel-dan-non-difabel-V4ZvbETiET.JPG Abdul Kholik alias Adul merangk 3 km untuk pergi ke sekolah. Foto: Okezone/Putra Ramadhani

JAKARTA – Sekolah inklusi bisa menumbuhkan sikap toleransi dan saling pengertian antara murid difabel dan murid non-difabel.

Hal ini dsampaikan Surya Tjandra, Juru bicara PSI untuk bidang hukum dan penyandang difabel kepada Okezone, Senin (3/12/2018) menyambut menyambut Hari Disabilitas Internasional (the International Day of Disabled Persons) yang diperingati setiap 3 Desember.

“PSI mendukung penuh munculnya sekolah inklusi agar tumbuh sikap toleransi dan saling pengertian antara murid difabel dan murid non-difabel sejak usia dini,” ujar Surya Tjandra.

“Kehadiran sekolah inklusi adalah bagian dari wujud pemenuhan hak aksesibilitas bagi murid difabel, sehingga murid dengan kebutuhan khusus mendapat kesempatan yang sama layaknya orang non-difabel,” kata Caleg DPR RI Dapil Malang Raya itu.

Baca: Bertemu Jokowi, Adul sang Bocah Difabel Bilang Ingin Jadi Pemadam Kebakaran

Baca: Adul, Bocah Sukabumi yang Merangkak 3 Km ke Sekolah

Menurut doktor hukum lulusan Universitas Leiden, Belanda, itu Indonesia sudah meratifikasi Konvensi PBB tentang Hak-hak Orang dengan Disabilitas (2006) dan sudah mensahkan UU No 8/2016 tentang Penyandang Disabilitas. Keduanya adalah dasar hukum yang kuat bagi pemerintah untuk memenuhi hak bagi orang difabel.

“Para orangtua dari anak-anak difabel tidak usah berkecil hati. Anak-anak difabel hanya butuh pendampingan lebih untuk menemukan potensi terbaik mereka. Dengan kehadiran sekolah inklusi, potensi mereka diharapkan bisa tergali dan mereka bisa berprestasi layaknya murid lain yang non- difabel,” kata Surya optimistis.

Surya berharap semakin banyak masyarakat yang mengerti pentingnya sekolah inklusi bagi murid difabel. Surya Percaya orang difabel juga bisa menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat dan memberikan yang terbaik bagi lingkungannya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini