nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Tetapkan Sejumlah Napi yang Kabur dari Lapas Banda Aceh Buronan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 16:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 03 337 1986221 polri-tetapkan-sejumlah-napi-yang-kabur-dari-lapas-banda-aceh-buronan-ikgm6cPeg3.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Kepala Bagian Penerangan Umum Humas Polri, Kombes Syahar Diantono mengatakan, pihaknya secara resmi menetapkan para narapidana yang kabur dari Lapas Banda Aceh sebagai buron atau DPO.

"Upaya pengejaran para napi tetap dilakukan dan langkah selanjutnya DPO sudah dikeluarkan dan disebarkan secara resmi di medsos," kata Syahar kepada wartawan di Mabes Polri, Senin (3/12/2018).

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan kordinasi dengan seluruh Polda guna memudahkan pencarian dan penangkapan para napi tersebut.

"Sudah kita koordinasikan kita sebar ke seluruh Polda. Kalau diterima Polda dan Polres di luar Polda Aceh pasti membantu paling tidak berikan informasi. Atau bisa dilakukan penangkapan oleh Polda lain," tuturnya.

lapas

 (Baca juga: Dirjen PAS: Napi di Aceh Bisa Salat Berjamaah, Tapi Malah Dimanfaatkan Oknum untuk Kabur)

Hingga saat ini, Polda Aceh dan Polresta Banda Aceh masih menyelidiki penyebab terjadinya pembobolan lapas oleh narapidana tersebut.

Syahar juga menyebut hari ini akan ada pemeriksaan terhadap 38 napi yang sudah tertangkap, untuk mencari tahu motif dari provokator pembobol lapas yang menyebabkan 113 napi kabur.

"Hari ini dilakukan pemeriksaan para napi yang tertangkap untuk melihat motif. Yang jelas, kalau kita lihat, enam provokator ini hukumannya tinggi-tinggi, kasus pembunuhan dan kasus narkoba. Selama ditemukan pada pemeriksaan ada tindak pidana, nanti akan diproses secara hukum pidana," pungkasnya.

 (Baca juga: Kericuhan di Lapas Banda Aceh Diprovokasi oleh 6 Napi)

lapas

Sebelumnya, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banda Aceh dilanda kerusuhan, Kamis (29/11/2018) sore. Sejumlah narapidana (napi) melarikan diri usai memecahkan kaca jendela gedung utama lapas yang terletak di Lambaro, Kabupaten Aceh Besar itu.

Informasi dihimpun Okezone di lokasi menyebutkan para napi mengamuk dan memecahkan jendela gedung utama lapas yang langsung tembus ke parkiran. Setelah kaca pecah, mereka kemudian ramai-ramai lompat keluar dan kabur.

Sebanyak 38 narapidana yang kabur dari Lapas Banda Aceh tertangkap. Masih ada 75 napi lain yang masih melarikan diri.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini