nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 3 Desember: Pertempuran di Gedung Sate hingga Tragedi Bhopal yang Mengerikan

Gimas Siskamayanti, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 12:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 03 337 1986044 peristiwa-3-desember-pertempuran-di-gedung-sate-hingga-tragedi-bhopal-yang-mengerikan-gc3ivB0Vfr.jpg Aparat berjaga di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (Okezone)

JAKARTA – Hari Disabilitas International diperingati tiap 3 Desember. Pada tanggal tersebut juga ada sejumlah peristiwa penting di dunia terjadi. Salah satunya pertempuran memperebutkan Gedung V & W yang sekarang dikenal sebagai Gedung Sate di Bandung, Jawa Barat pada 1945.

Tanggal itu juga diperingati sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Okezone merangkum beberapa peristiwa penting yang pernah terjadi pada 3 Desember seperti dikutip dari Wkipedia.org.

1.Pertempuran di Gedung Sate

Gedung Sate dulu dikenal Gouvernements Bedrijven (GB), dengan ciri khasnya berupa ornament tusuk sate pada menara sentralnya, menjadi penanda atau markah tanah Kota Bandung.

Pada 3 Desember 1945, terjadi peristiwa serangan pasukan Gurkha hingga menewaskan tujuh pemuda yang berupaya mempertahankan Gedung Sate. Untuk mengenang ke tujuh pemuda itu, dibuatkan tugu dari batu di halaman belakang Gedung Sate. Pada 3 Desember 1970, Menteri Pekerjaan Umum kemudian memindahkan tugu itu ke depan Gedung Sate.

Gedung Sate kini menjadi salah satu objek wisata di Kota Bandung.

2. Operasi Transplantasi Jantung Pertama di Dunia

Operasi transplantasi jantung manusia pertama di dunia dilakukan pada 3 Desember 1967 oleh Christiaan Barnard, ahli bedah jantung dari Western Cape, Afrika Selatan. . Operasi berlangsung sembilan jam dan melibatkan tim beranggotakan tiga puluh orang. Operasinya juga dibantu saudara Christiaan, Marius Barnard. Keberhasilan operasi tersebut membuat nama Christiaan melambung.

 

3. Hari Disabilitas Internasional

Setiap 3 Desember selalu diperingati sebagai Hari Penyandang Disabilitas Internasional yang disponsori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak 1992. Tujuan dari peringatan ini yaitu, untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para difabel.

4.Tragedi Bhopal

Pada 3 Desember 1984, kebocoran gas beracun dari pabrik pestisida Union Carbide di Kota Bhopal, Madhya Pradesh, India yang menewaskan 20 ribu orang lebih dan ratusan ribu cedera. Kecelakaan industri akibat keluarnya 40 metrik ton metil isosianat (MIC) tersebut dikenal dengan Tragedi Bhopal.

5. Lahirnya AH Nasition

Abdul Haris Nasution lahir di Kotanopan, Sumatera Utara pada 3 Desember 1918. Dia salah satu jenderal Angkatan Darat yang selamat dari pembantaian Gerakan 30 September (G30S). AH Nasution kemudian diangkat menjadi jenderal besar.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini