nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serunya Senam Bersama Penyandang Disabilitas di Tangerang

Anggun Tifani, Jurnalis · Minggu 02 Desember 2018 20:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 02 337 1985837 serunya-senam-bersama-penyandang-disabilitas-di-tangerang-w83VtqEOyh.jpg Penyandang disabiltas ikut senam di Alun-Alun Tengerang

TANGERANG - Menikmati akhir pekan, sejumlah masyarakat Kota Tangerang nampak antusias datang memenuhi alun-alun Kota Tangerang, untuk merayakan Hari Disabilitas Internasional 2018, Minggu (2/12/2018).

Kegiatan itu diadakan oleh, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Mereka menggandeng kaum disabilitas, untuk senam dan jalan sehat bersama. Rata-rata yang datang pada kegiatan ini ialah orang tua dan anak-anak dengan sejumlah kebutuhan khusus.

Meski di antara mereka banyak yang harus datang dengan kursi roda, mereka tetap antusias untuk mengikuti setiap gerakan yang diinstruksikan pemandu senam.

Salah satu peserta senam dari Kecamatan Cipondoh, Andra (13) ditemani sang ibu, Ningsih tak malu-malu mengunjungi gerakan senamnya. Andra mengatakan, agar teman-teman yang sepertinya agar selalu percaya diri.

"Senang acara ini bisa menunjukkan walaupun saya kekurangan, saya bisa melakukan hal-hal seperti orang normal, walaupun pakai bantuan seperti senam dan jalan sehat tadi. Saya mau kasih tau ke temen temen jangan kecil hati, kita bisa jangan malu," kata Andra penuh semangat.

(Baca Juga: Pemerintah Galakkan Penyandang Disabilitas Jadi PNS)

Melihat ketegaran anaknya, Ningsih pun mengapresiasi adanya acara ini. "Dengan adanya acara ini bisa tumbuhkan semangat anak saya. Sekarang dia sekolah di sekolah khusus. Tentunya kita harus tetap rawat dengan kasih sayang, kita harus sabar,"

Ningsih berpesan, agar tiap orang tua yang dikarunia anak berkebutuhan khusus, agar tetap diperlakukan seperti anak-anak pada umumnya. "Mereka jangan dirawat sepeti orang kekurangan, jangan perlihatkan itu karena bisa membuat mereka lemah. Kita harus tunjukkan mereka bisa. Jangan apa apa nggak boleh," pesannya.

Sementara, Dirjen Informasi dan Komunikasi Kemkominfo Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, agar tiap pelaku pelayanan publik menyediakan sarana prasarana untuk penyandang disabilitas.

"Pemerintah, swasta dan perorangan kami harapkan turut memberikan kepedulian kepada kaum disabilitas. jadi kita bagaimana memberikan aksesibilitas kepada saudara kita misalnya, di jalan harus ramah terhadap mereka artinya di jalan ada akses khusus disabilitas, di kantor kantor ada akses tangga untuk disabilitas," paparnya.

Dikatakan Rosarita, pemerintah akan menggalakkan peluang kesempatan bekerja untuk penyandang disabilitas. Pihaknya mengimbau agar masyarakat dapat turut serta mendukung program tersebut.

"Pemerintah mulai tahun ini menggalakan peluang kepada disabilitas, salahsatunya kesempatan bekerja sebagai PNS. Jadi ini sangat penting bagi masyarakat, dan keluarga yg memiliki anggota keluarga disabilitas. Mereka juga bisa berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini