nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ahmad Basarah Digugat ke Polisi, PDIP: Harusnya Amien Rais Membela

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 01 Desember 2018 13:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 01 337 1985464 ahmad-basarah-digugat-ke-polisi-pdip-harusnya-amien-rais-membela-t6GSDjtLxz.jpg Amien Rais (Okezone)

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kritiyanto menilai seharusnya Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mendukung ucapan Wasekjen PDIP Ahmad Basarah terkait Soeharto sebagai guru korupsi. Apalagi Amien merupakan bagian dari Reformasi 1998 ketika menjatuhkan orde baru Soeharto.

"Kalau beliau mau menggunakan hati nurani dan pikirannya tentu saja akan berpihak pada Pak Ahmad Basarah. Kecuali sudah berubah. Kecuali masih mendukung nepotisme," ungkap Hasto Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/12/2018).

 Baca juga: Soeharto Disebut Guru Korupsi, Tommy Bakal Tuntut Politikus PDIP Ahmad Basarah

Hasto mengatakan, pihaknya menanggapi serius ancaman pihak Berkarya menggugat Basarah. Sebab ini menjadi momentum pertaruhan bangsa ini, apakah mampu memastikan seluruh semangat Reformasi 1998 untuk membentuk pemerintahan bersih dari KKN.

 Hasto Kristiyanto (Okezone)

Di PDIP sendiri, kata Hasto, berbeda dengan Gerindra-nya Prabowo. Gerinda masih mengusung caleg yang pernah terlibat kasus korupsi.

“Kalau PDIP tidak ada. Karena kami komit dengan semangat reformasi itu," tegas dia.

 Baca juga: Keluarga Besar Cendana Kini Bergabung di Partai Berkarya

Selain itu, sambung Hasto, isu politik ini menjadi momentum membuka kembali kasus korupsi rezim Orde Baru serta para kroninya. Di mana para pegiat antikorupsi, serta dokumen TAP MPR banyak mengusut harta kekayaan Seoharto.

"Ini menjadi sebuah momentum bahkan para pemimpin-pemimpin yang terkait dengan penyalahgunaan kekuasaan saat itu pun. Saatnya juga membuka harta kekayaannya dari mana asalnya, pak Prabowo berapa triliun kekayaannya itu dari mana beliau. Nah, ini menjadi momentum dengan gugatan dari Partai Berkarya itu," tukas dia.

Untuk diketahui, Ahmad Basarah hendak digugat Partai Berkarya, partai yang dipimpin putra bungsu Soeharto, Hutomo Mandala Putra. Semuanya berawal dari pidato capres Prabowo Subianto, yang didukung Berkarya, di Singapura. Prabowo menyebut kanker di Indonesia sudah laiknya kanker stadium 4, dan dia siap membereskannya.

 Baca juga: Siasat Golkar Jaga Elektabilitas Usai Ditinggal Titiek Soeharto

Menanggapi itu, Basarah mengingatkan Prabowo adalah bagian dari Orba, dan menantu Soeharto. Dan bila merujuk TAP MPR soal pemberantasan korupsi, maka 'Soeharto adalah guru korupsi'. Pernyataan inilah yang hendak digugat Partai Berkarya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini