nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Napi Lapas Banda Aceh Kabur, Dirjen PAS Perintahkan Tingkatkan Inspeksi di Jam Rawan

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 00:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 30 337 1984820 napi-lapas-banda-aceh-kabur-dirjen-pas-perintahkan-tingkatkan-inspeksi-di-jam-rawan-OAwNSjhHlm.jpg ilustrasi

JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM memerintahkan petugas Lapas dan Rutan Banda Aceh untuk meningkatkan intensitas kontrol dan inspeksi saat jam rawan. Hal ini menyusul peristiwa kaburnya 113 narapidana Lapas Banda Aceh saat melaksanakan ibadah salat magrib sekira pukul 18.30 WIB, Kamis (29/11/2018).

Kepala Bagian Humas Ditjen PAS, Ade Kusmanto mengatakan perintah tersebut disampaikan langsung oleh Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utama yang meminta jajaran petugas lapas dan Rutan untuk segera mengambil langkah tegas.

"Memastikan seluruh WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) berada di dalam kamar dan terkunci," ujar Ade dalam keterangannya kepada Okezone, Kamis (29/11/2018).

(Baca Juga: Lapas Banda Aceh Rusuh, Sejumlah Napi Kabur)

(Baca Juga: 21 Napi Lapas Banda Aceh yang Kabur Ditangkap, 92 Orang Lagi Masih Diburu)

Ade mengatakan Dirjen PAS juga meminta agar jajaran petugas lapas melakukan koordinasi dengan aparat keamanan TNI?Polri untuk meningkatkan pengamanan di dalam lapas.

"Melakukan koordinasi dengan aparatur keamanan Polri/TNI untuk meningkatkan intensitas kontrol titik sambang atau bantuan pengamanan. Menambah kekuatan pengamanan dari unsur staf," jelasnya.

Diketahui, Sebanyak 113 narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banda Aceh kabur setelah menjebol kaca dan jeruji jendela ruang tunggu utama lapas, Kamis (29/11/2018) sekira pukul 18.30 WIB. Hingga malam hari ini sebanyak 21 orang narapidana berhasil ditangkap kembali.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini