nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mayjen TNI Besar Harto Karyawan Jadi Pangkostrad Gantikan Andika Perkasa

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 21:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 29 337 1984785 mayjen-tni-besar-harto-karyawan-jadi-pangkostrad-gantikan-andika-perkasa-2z9tDpoVo3.jpg Mayjen TNI Besar Harto Karyawan (Foto: Ist)

JAKARTA - Posisi Pangkostrad yang ditinggalkan Jenderal TNI Andika Perkasa digantikan Mayjen TNI Besar Harto Karyawan. Ia sebelumnya sebelumnya menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi.

Sementara Andika Perkasa telah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Pergantian tersebut dibenarkan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen), Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang. "Benar mas," ucap Santos saat di hubungi Okezone, Kamis, (29/11/2018).

(Baca Juga: Sejumlah Fasilitas TNI Direhabilitasi)

Pergantian itu sendiri berdasarkan Surat Keputusan Panglima (SKEP) Nomor Kep/1240/XI/2018 yang dikeluarkan pada Kamis (29/11/2018). Berdasarkan surat tersebut ada sejumlah perwira TNI AD yang dilakukan mutasi.

 Pelantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai KSAD

Untuk posisi Pangdam III Siliwangi yang ditinggalkan Harto akan digantikan oleh Mayjen Tri Soewandono yang sebelumnya menduduki Danpussenif Kodiklat TNI AD. Posisinya itu diisi oleh Mayjen Teguh Pujo Rumekso yang sebelumnya menjabat sebagai Kasdam VI/Mulawarman.

Posisi Kasdam VI/Mulawarman diisi Brigjen Richard Tamoubolon yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Danjen Kopassus. Sementara posisinya digantikan Kolonel Inf Mohamad Hasan yang sebelumnya menjabat sebagai Danrem 061/SK Bogor.

(Baca Juga: Panglima TNI Pimpin Sertijab KSAD Jenderal Andika Perkasa)

Selain itu, Komandan Paspamres yang sebelumnya dijabat Mayjen Suhartono akan digantikan Brigjen TNI Maruli Simanjuntak atau Kasdam Diponegoro. Untuk Suhartono akan menduduki posisi baru sebagai Komandan Korps Marinir, menggantikan Mayjen Bambang Suswantono yang digeser menjadi Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) KSAL.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini