nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Bekuk 2 Penjual Cula Badak di Lampung

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 15:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 29 337 1984567 polisi-bekuk-2-penjual-cula-badak-di-lampung-K26hYzVnOO.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Polda Lampung bekerja sama dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Lampung menangkap dua penjual tubuh satwa yang dilindungi. Kedua pelaku berinisial DMS (48) dan AK (55) diciduk lantaran menjual cula Badak.

"Memperniagakan anggota tubuh satwa yang dilindungi dalam keadaan mati berupa diduga 1 potong bagian tubuh diduga cula badak," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (29/11/2018).

(Baca Juga: Benih Lobster Senilai Rp14 Miliar Dilepasliarkan ke Pulau Berhala)

Dalam hal ini, Dedi menuturkan, cula badak dengan diameter 28 cm dan berat sekitar 200 gram itu ditemukan saat polisi melakukan penggeledahan di lokasi penangkapan, Senin, 26 November 2018.

"Barang bukti yang diamankan antara lain satu potong bagian tubuh satwa yang dilindungi diduga cula badak dengan diameter 28 cm dan berat kurang lebih 200 gram kemudian dua buah handphone dan satu buah mobil," papar Dedi.

 Ilustrasi badak

Disisi lain, Dedi mengungkapkan, pihaknya sedang memburu pihak lainnya yang diduga ikut terlibat dalam jual-beli hewan yang dilindungi tersebut. Pada kasus ini, M merupakan pemilik cula badak tersebut.

"Masih didalami (hendak dijual kemana), karena baru pertama kali menemukan cula badak yang sudah lama informasinya," ucap Dedi.

(Baca Juga: Warga Asal Jepang Ditangkap Gara-Gara Bawa 52 Ekor Reptil di Bandara Soetta)

Atas perbuatannya, kedua tersangka disangka melanggar Pasal 40 Ayat (2) Jo Pasal 21 Ayat (2) huruf d UU RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp100 juta.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini