Moeldoko: Saya Secara Pribadi Mengutuk Pernyataan Habib Bahar!

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 29 November 2018 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 29 337 1984521 moeldoko-saya-secara-pribadi-mengutuk-pernyataan-habib-bahar-QeWe4qiu3k.jpg Kepala KSP Jenderal (Purn) Moeldoko (Foto: Ist)

JAKARTA - Habib Bahar bin Smith dilaporkan ke Bareskrim Polri lantaran dinilai menghina dan merendahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Langkah sejumlah elemen masyarakat yang mempolisikan habib berambut panjang itu pun mendapat dukungan Moeldoko.

Moeldoko, yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan (KSP) itu selain mendukung pelaporan, juga mengutuk pernyataan Habib Bahar kepada presiden yang bernada hinaan.

"Itu seorang ulama berbicara seperti itu. Saya secara pribadi mengutuk (pernyataan) itu," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

(Baca Juga: Polri Proses Pelaporan Habib Bahar terkait Hina Jokowi 'Banci')

Menurut Moeldoko, harusnya seorang ulama dapat menjadi panutan umat melalui tutur kata dan perilakunya. Bukan seperti yang dilakukan Habib Bahar.

"Seorang ulama harus menjadi panutan dari tutur katanya, dari perilakunya, masak seperti itu. Sebagai pribadi saya enggak respect," ucapnya.

Habib Bahar 

Mantan Panglima TNI itu mengaku sudah melihat isi ceramah yang diduga menghina Presiden Jokowi. Ia sangat menyayangkan adanya pernyataan yang menyebut 'Jokowi kayak banci'.

"Sudah lihat. Bagaimana itu seorang kepala negara diperlakukan seperti itu," tandasnya.

Sejumlah elemen masyarakat melaporkan Habib Bahar. Di antaranya, Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid melaporkan Habib Bahar bin Smith ke Bareskrim Polri lantaran dinilai menghina dan merendahkan Presiden Jokowi.

(Baca Juga: Habib Bahar Smith Dilaporkan ke Bareskrim karena Dianggap Hina Jokowi)

Dalam pelaporannya yang teregister dengan nomor laporan polisi TBL/6519/XI:2018/PMJ/Ditreskrimsus itu, Muannas menyebut pernyataan Habib Bahar sangat mengerikan dan bukan sebuah kritik sehingga bisa menimbulkan perpecahan di masyarakat.

Elemen Jokowi Mania (Joman) juga turut melaporkan Habib Bahar ke kepolisian. Pelaporan masih terkait dengan dugaan hinaan Habib Bahar kepada Jokowi. Namun, belakangan laporannya dikembalikan karena harus diperbaiki berkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini