Kejati Luncurkan Aplikasi Pengawas Aliran Kepercayaan, Ormas Tak Perlu Khawatir

Bayu Septianto, Okezone · Kamis 29 November 2018 01:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 29 337 1984282 kejati-luncurkan-aplikasi-pengawas-aliran-kepercayaan-ormas-tak-perlu-khawatir-odRlVyTWQQ.jpg Wasekjen PPP Achmad Baidowi

JAKARTA - Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta meluncurkan aplikasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat. Aplikasi yang diberi nama Smart Pakem ini dibuat untuk mengetahui perkembangan dan memudahkan pengawasan aktivitas aliran keagamaan serta aliran kepercayaan.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menilai baik aplikasi Smart Pakem ini. Menurut Baidowi aplikasi ini merupakan wujud pengawasan Kejaksaan terhadap munculnya berbagai alirsn kepercayaan di masyarakat.

"Artinya pemerintah dalam hal ini kejagung berkepentingan menjaga keutuhan NKRI dari paham-paham yamg anti-Pancasila," ujar Baidowi saat dihubungi, Rabu (28/11/2018).

Baidowi yang juga anggota Komisi II DPR ini menilai aliran kepercayaan atau ormas yang ada saat ini tak usah khawatir dengan hadirnya aplikasi ini. Sepanjang kegiatan mereka sejalan dengan undang-undang, tegas Baidowi tak ada yamg perlu ditakutkan.

Ilustrasi

"Tak usah khawatir sepanjang aktivitasnya sesuai dengan ketentuan UU yang berlaku. Apa yang dilakukan pemerintah sifatnya pencegahan," jelasnya.

Diketahui, Aplikasi Smart Pakem ini dikeluarkan Kejati DKI Jakarta salah satunya untuk mencegah persekusi oleh warga terhadap suatu ormas atau aliran kepercayaan yang dianggap menyimpang.

Namun, penilaian berbeda disampaikan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pasalnya, kedua lembaga menilai aplikasi ini berpotensi menimbulkan persekusi terhadap kelompok kepercayaan oleh kelompok lain.

Alhasil, PSI dan YLBHI meminta agar aplikasi yang dilengkapi dengan fitur di antaranya fatwa MUI, aliran keagamaan, aliran kepercayaan, ormas, informasi, dan laporan pengaduan ditarik kembali.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini