nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Prediksi Jumlah Massa Reuni 212 Sedikit

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 14:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 27 337 1983442 polri-prediksi-jumlah-massa-reuni-212-sedikit-9qKwkET2tg.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Polri memprediksi jumlah massa yang akan menghadiri aksi reuni akbar 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada 2 Desember 2018 mendatang, tidak akan banyak, dibandingkan awal mula gerakan ini terjadi.

"Tak seramai awal gerakan ini. Saat ini sudah sangat menyusut masyarakat ikut," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/1018).

Dedi menjelaskan, jumlah massa sedikit itu lantaran, masyarakat dewasa ini sudah tidak mudah terprovokasi dengan gerakan-gerakan seperti itu. Apalagi, aksi ini hanya sebatas reuni semata.

"Masyarakat sudah sadar dan tidak mudah untuk terprovokasi," ucap Dedi.

Meskipun begitu, Dedi menekankan pihaknya tetap akan melakukan penjagaan dari kegiatan tersebut. Personel Kepolisian pun akan dikerahkan demi memastikan tidak terjadi hal yang diluar prediksi.

"Tapi polisi maksimalkan potensi yang terjadi. Polda Metro sudah sangat profesional menangani aksi seperti itu," tutur Dedi.

(Baca Juga: Gerakan Ini Siap Pukul Mundur Massa Reuni Alumni 212)

Alumni 212 adalah sebuah forum yang dibentuk untuk menampung orang-orang yang pernah terlibat dalam aksi Bela Islam pada Desember 2017 silam, menuntut Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk segera dipenjara.

Aksi itu digelar hingga berjilid-jilid, menjelang Pilgub DKI Jakarta, mereka menuntut agar Ahok dipenjara dengan tuduhan menistakan agama Islam memalui pidatonya di Kepulauan Seribu yang menyadur surah Al-Maidah ayat 51.

Sementara itu, Ketua Persaudaraan Alumni 212, Slamet Ma'rif mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan menjelang reuni akbar 212 di Monas, seperti melakukan perizinan ke pihak Kepolisian ataunpun Pemprov DKI.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini