Share

Polisi Temukan Kerugian Negara di Acara Apel Pemuda Kemenpora

Badriyanto, Okezone · Kamis 22 November 2018 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 22 337 1981089 hasil-audit-bpk-polisi-temukan-kerugian-negara-di-acara-apel-pemuda-kemenpora-tsZIPMVx2o.jpg Ilustrasi.

JAKARTA - Kasus dugaan penyelewengan dana dalam acara Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia, yang diselenggarakan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah resmi naik ke tahap penyidikan.

Kepala Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Bhakti Suhendarwan mengatakan, kasus itu dinaikkan berdasarkan hasil gelar perkara dan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menyebut adanya kerugian negara.

"Dari hasil cek lapangan dan hasil gelar dengan BPK maka kami merasa sudah cukup untuk naik ke penyidikan," kata Bhakti kepada wartawan, Kamis (22/11/2018).

(Baca juga: Polisi Selidiki Dugaan Korupsi Acara Apel Pemuda Islam Indonesia Kemenpora)

Namun begitu, Bhakti tidak menyebut berapa nilai kerugian negara terkait acara Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia yang menggunakan dana Kemenpora tahun anggaran 2017 tersebut.

Ilustrasi.

Meski sudah menyimpulkan ada kerugian negara, polisi masih belum menetapkan tersangka dalam kasus tersebut. Pasalnya, penyidik masih perlu mengumpulkan bukti-bukti dan keterangan saksi.

"Kalau tersangka belum, kita buktikan dulu," pungkas Bhakti.

Sebelumnya diberitakan Okezone, pengusutan kasus itu berdasarkan laporan yang diterima polisi sekitar dua pekan yang lalu. Sementara pihak terlapor salam kasus tersebut masih berstatus lidik.

Berkaitan dengan kasus tersebut, setidaknya sudah ada tiga orang yang dipanggil sebagai saksi. Mereka adalah ketua panitia kegiatan dari Pemuda Muhammadiyah, Ahmad Fanani, dari pihak internal Kemenpora Abdul Latif dan ketua kegiatan dari GP Ansor, Safarudin.

Follow Berita Okezone di Google News

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini