nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Akan Koordinasi dengan KPK soal Aliran Suap Bupati Pakpak Bharat

Badriyanto, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 13:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 21 337 1980619 polri-akan-koordinasi-dengan-kpk-soal-aliran-suap-bupati-pakpak-bharat-6scU8H534M.jpg Korupsi (Okezone)

JAKARTA - Polisi bakal koordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut kasus korupsi Bupati Pakpak Barat Remigo Yolando Berutu. Pasalnya, uang suap itu diduga untuk mengamankan kasus korupsi istrinya di Polda Sumatera Utara.

"Penyidik KPK pasti akan menyampaikan ke penyidik Polri, pasti akan ditindak kalau ada penyimpangan. Namun demikian, asas praduga tidak bersalah tetap menjadi asas dalam penegakan hukum," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, kepada wartawan, Rabu (21/11/2018).

 Baca juga: Uang Rp55 Juta Disita dari Kantor Bupati Pakpak Bharat, Diduga Hasil Suap Kepala Dinas

KPK menduga uang suap yang diterima Remigo dari para kontraktor itu digunakan untuk keperluan pribadi. Salah satunya untuk mengamankan perkara dugaan korupsi istri Remigo, Made Tirta Kusuma Dewi di Polda Sumatera Utara hingga kasus tersebut dihentikan.

Dedi membenarkan, kasus dugaan korupsi Kusuma Dewi masih dalam tahap penyelidikan. Istri Bupati Remigo juga telah mengembalikan kerugian negara akibat kegiatan PKK 2014 di Kabupaten Pakpak Bharat.

 Baca juga: KPK Telusuri Aliran Suap Bupati Pakpak Bharat

"Bahwa yang bersangkutan sudah mengembalikan dana kegiatan PKK 2014 Kabupaten Pakpak Bharat (kerugian negara sebesar Rp 143 juta). Yang bersangkutan sudah mengembalikan ke Kas Negara. Dan minggu lalu oleh Ditreskrimsus Polda Sumut penyelidikan dihentikan," paparnya.

 https://img-z.okeinfo.net/library/images/2018/11/20/638p1baph44oaavyu8dy_18778.jpg

Sebelumnya, KPK menangkap tangan Bupati Remigo Yolando Berutu karena diduga menerima suap proyek di wilayah Pakpak Bharat. KPK menyebut, uang suap tersebut digunakan untuk keperluan pribadi Remigo, salah satunya untuk menangani perkara hukum istrinya.

 Baca juga: Sekda Pakpak Bharat Jadi Plh Bupati Gantikan Remigo yang Kena OTT KPK

KPK berencana menelusuri dugaan aliran dana dari Remigo ke penyidik Polda Sumatera Utara terkait penanganan perkara istrinya, Kusuma Dewi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini