Share

Polri Kerjasama dengan Kepolisian Ukraina Perkuat Keamanan Siber

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 21 November 2018 08:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 21 337 1980471 polri-kerjasama-dengan-kepolisian-ukraina-perkuat-keamanan-siber-0OtuGnJhL8.jpg Kapolri Tito Karnavian berfoto dengan Kepala Kepolisian Ukraina Sehii Kniaziev. Foto/Okezone

JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan kerjasama dengan Kepolisian Negara Ukraina untuk memperkuat keamanan Siber saat Sidang Umum Interpol Tahun 2018 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Kerjasama aparat penegak hukum kedua negara itu langsung dilakukan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala Kepolisian Ukraina Serhii Kniaziev.

“Kami telah sepakati peningkatan kerja sama bidang keamanan siber oleh institusi kepolisian kedua negara (Polri dan Kepolisian Ukraina),” kata Tito melalui keterangan tertulis yang diterima Okezone, Rabu (21/11/2018).

Foto/Okezone 

Alasan Polri melakukan kerjasama dengan Ukraina terkait keamanan siber, menurut Tito, lantaran negara tersebut sudah memiliki pengalaman dan sepak terjang yang baik ketika menghadapi kejahatan di bidang Siber.

Menurut Tito, Ukraina salah satu negara yang telah memiliki teknologi mutakhir dan diawali personel-personel yang telah dilatih dengan baik untuk mengatasi kejahatan Siber.

“Kerja sama akan diwujudkan dengan tukar menukar informasi dan berbagi pengalaman terbaik dalam pemolisian siber,” tutur Tito.

Foto/Okezone 

Dengan adanya kerjasama ini, Tito berharap dapat segera ditindaklanjuti dengan Nota Kesepahaman (MoU) antara Polri dan Kepolisian Ukraina. Menurut dia, Kepala Kepolisian Ukraina sepakat MoU akan dilaksanakan di Jakarta tahun 2019.

“Kerja sama di bidang keamanan siber dengan Ukraina akan semakin memperkuat dan meningkatkan kesiapan Polri dalam menghadapi berbagai potensi serangan siber di tanah air,” papar Tito.

Sekadar diketahui, dalam pertemuan tersebut, Kapolri didampingi Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto, Kadiv Hubungan Internasional Polri Irjen H. S. Maltha serta Sekretaris NCB-Interpol Indonesia Brigjen Napoleon Bonaparte.

Sedangkan, Kepala Kepolisian Ukraina didampingi oleh Kepala NCB-INTERPOL Ukraine Vasyl Nevolia.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini