DPR Sambut Baik Terobosan Kemenag Luncurkan Kartu Nikah

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 12 November 2018 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 12 337 1976837 dpr-sambut-baik-terobosan-kemenag-luncurkan-kartu-nikah-tvlZcZquNi.jpg Wakil Ketua Komisi VIII DPR TB Ace Hasan Syadzily

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan kartu nikah sebagai pengganti buku nikah. DPR pun menyambut positif adanya terbosan tersebut.

“Sebagai sebuah kebijakan, saya kira itu sudah kami patut menyambut secara positif,” ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Senin (12/11/2018).

Ace menyebut jika kebijakan kartu nikah itu sudah pernah dibicarakan antara Komisi VIII dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terkait kartu nikah. Komisi VIII setuju dengan usulan tersebut dan sudah masuk di dalam mata anggaran Kemenag pada 2018.

“Di Komisi VIII sudah dibicarakan, karena itu penggunaan mata anggaran tahun 2018. Jadi, itu kebijakan yang sudah dibicarakan di Komisi VIII dan pernah disampaikan oleh Menteri Agama di dalam rapat di Komisi VIII itu,” ujarnya.

(Baca Juga: Kemenag Luncurkan Kartu Nikah Pengganti Buku Nikah)

Kartu Nikah

Sebelumnya, Kemenag meluncurkan kartu nikah sebagai pengganti buku nikah. Inovasi ini sejalan dengan peluncuran Sistem Informasi Manajemen Nikah Berbasis Website (Simkah Web).

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, mengatakan, kartu nikah dan aplikasi Simkah Web telah diluncurkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada 8 November 2018.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini