nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KNKT Putar Otak Cari Black Box CVR Lion Air PK-LQP

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 12 November 2018 17:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 12 337 1976795 knkt-putar-otak-cari-black-box-cvr-lion-air-pk-lqp-pyoQqpYrvD.jpeg Ketua KNKT Soerjanto dalam jumpa pers penanganan kecelakaan Lion Air PK-LQP (Foto: Fahreza)

JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tetap mencari black box atau kotak hitam berisi cockpit voice recorder (CVR) kendati operasi evakuasi korban jatuhnya Pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 telah selesai dilaksanakan.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, dugaan signal Ping di CVR melemah lantaran tertimbun lumpur sudah terbantahkan. Pasalnya, KNKT sudah melakukan simulasi bahwa signal Ping bisa terdeteksi meskipun berada di dalam lumpur.

"Kami kemarin sampai mengadakan simulasi ada satu Pinker kita ikat di pipa dan masukkan ke dalam lumpur. Terus kita coba kita dengarkan dan ternyata masih bisa dideteksi," kata Soerjanto saat jumpa pers di Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (12/11/2018).

"Jadi, asumsi yang sebelumnya kita pikirkan kemungkinan di dalam lumpur suara (Ping-nya) tidak bisa didengar, itu sudah hilang karena kita sudah melakukan pengujian bahwa meskipun di dalam lumpur tidak masalah," sambung dia.

Evakuasi korban Lion Air

(Baca Juga: Hari Ke-15, Sudah 82 Korban Lion Air Teridentifikasi)

Kalaupun signal Ping dari CVR tidak terdeteksi, Soerjanto menduga barang tersebut rusak bersamaan dengan kecelakaan pesawat itu sendiri. Karenanya, KNKT dan stakeholder lainnya sedang menyusun strategi untuk menemukan black box jenis tersebut.

"Kami sedang menyusun strategi untuk menemukan CVR," imbuh Soerjanto.

Dia menuturkan, CVR sangat penting ditemukan karena proses investigasi memerlukan rekaman pembicaraan atau komunikasi yang dilakukan awak kabin sebelum terjadinya kecelakaan.

"Jadi, data CVR ini akan lebih banyak mengamati human faktornya," tutup Soerjanto.

(Baca Juga: Pasca-Kecelakaan Lion Air, Kemenhub: Hasil Pemeriksaan Boeing 737 Max 8 Bagus)

Evakuasi Lion Air

Sebelumnya, pesawat Lion Air berjenis Boeing 737 Max 8 itu jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Seluruh penumpang yang berada di dalam pesawat tersebut meninggal dunia dalam kondisi mengenaskan.

Tim SAR gabungan beserta KNKT hingga kini masih berjibaku menemukan black box yang berisi CVR. Sedangkan black box berisi flight data recorder (FDR) sudah ditemukan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini