nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JK: Akhir Desember, Huntara Baru Bisa Tampung 14 Ribu KK di Sulteng

Fahreza Rizky, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 17:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 11 337 1976307 jk-akhir-desember-huntara-baru-bisa-tampung-14-ribu-kk-di-sulteng-MKADFf7HC5.jpeg Wakil Presiden Jusuf Kalla pimpin Rakor di Palu (Foto: Fahreza Rizky)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memimpin rapat koordinasi (rakor) rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana Sulawesi Tengah (Sulteng). Dalam kesempatan itu, JK mengatakan, 14.000 kepala keluarga (KK) sudah bisa menempati hunian sementara (huntara) akhir Desember 2018.

"Pembangunan huntara itu sudah berjalan. Diharapkan bulan depan, akhir bulan depan itu selesai untuk ya bisa untuk 1.200, dikali 12, itu berarti bisa 14 ribu KK bisa ditampung di hunian itu," kata JK di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Minggu (11/11/2018).

Pemerintah juga telah memulai relokasi bagi masyarakat terdampak gempa dan tsunami. Kendati untuk lokasi relokasi baru ditentukan pada Januari 2019 mendatang.

"Dalam waktu yang sama, itu akan dimulai pembangunan relokasinya. Tadi kita sudah putuskan, pokoknya relokasi kira-kira ditentukan Januari lah relokasinya, sambil persiapan semuanya," terang dia.

(Baca Juga: Pemerintah Pastikan Beri Bantuan Rekonstruksi Rumah Warga yang Rusak di Sulteng)

Pascagempa dan tsunami Palu

JK menuturkan, masyarakat akan menetap di huntara seraya menunggu hunian tetap selesai dibangun. Di huntara, masyarakat dapat hidup mandiri dan memulihkan perekonomiannya masing-masing.

"Huntara itu sampai semua rakyat mandiri setelah itu kalau setelah di huntara lah masyarakat sudah bisa hidup mandiri. Sudah ada dapur umumnya, mereka masing-masing kembali bekerja seperti biasa, sambil menunggu rumahnya dibikinkan," ucapnya.

Sebelum memimpir rakor, JK menyapa terlebih dahulu masyarakat terdampak bencana di Desa Mpanau, Kabupaten Sigi. Lalu, ia melanjutkan kunjungannya meninjau huntara di wilayah Petobo kemudian memimpin rapat.

JK

(Baca Juga: JK Terbang ke Palu, Pimpin Rakor Rekonstruksi Pascabencana)

Dalam kunjugan kerja ini, JK ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPRl) Basuki Hadimuljono, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro dan Menteri Agraria dan Tata Ruang ATR Sofyan Djalil. Selain itu, tampak pula Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dan Kepala BNPB Willem Rampangilei.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini