nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres JK Memimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 10 November 2018 09:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 10 337 1975894 wapres-jk-memimpin-upacara-hari-pahlawan-di-tmp-kalibata-A2itOOzFXD.jpg

JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hari ini, Sabtu 10 November 2018, menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. JK hadir di lokasi upacara sekira pukul 08.00 WIB dengan didampingi Ibu Mufidah dan jajaran menteri Kabinet Kerja.

Setelah berada di Lapangan Utama TMP Kalibata, Wapres JK langsung mulai memimpin jalannya upacara. Komandan upacara pun memberikan laporan kepada JK selaku inspektur.

Selanjutnya Wapres JK juga menyampaikan sejarah yang terjadi terkait Hari Pahlawan. Salah satunya peristiwa heroik yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur, pada 10 November 1945.

Kemudian JK melanjutkan dengan memimpin prosesi mengheningkan cipta. "Untuk para pahlawan yang telah mendahului kita. (Mengheningkan cipta) dimulai," ujarnya, Sabtu (10/11/2018).

(Baca juga: Presiden Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada 6 Tokoh)

Terkait peringatan Hari Pahlawan 2018, sebelumnya pemerintah juga telah memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh bangsa. Mereka adalah:

1. Almarhum Abdurrahman Baswedan, tokoh dari Provinsi DI Yogyakarta.

2. Almarhum Ir H Pangeran Mohammad Noor, tokoh dari Provinsi Kalimantan Selatan.

3. Almarhumah Agung Hajjah Andi Depu, tokoh dari Provinsi Sulawesi Barat.

4. Almarhum Depati Amir, tokoh dari Provinsi Bangka Belitung.

5. Almarhum Tn Kasman Singodimedjo, tokoh dari Provinsi Jawa Tengah.

6. Almarhum Brigjen KH Syam'un, tokoh dari Provinsi Banten.

(Baca juga: Kenangan Anies terhadap Sang Kakek yang Mendapat Gelar Pahlawan Nasional)

Diketahui, penetapan tokoh untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional ini ditentukan oleh para anggota Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Aturan Dewan Gelar telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2010 tentang Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini