Share

Sambil Ngopi, Wiranto Bahas Masalah Bangsa dengan Ulama dan Ormas Islam

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 09 November 2018 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 09 337 1975421 sambil-ngopi-wiranto-bahas-masalah-bangsa-dengan-ulama-dan-ormas-islam-l1sVxdqsUE.jpeg Menko Polhukam Wiranto ngopi bareng ulama dan pimpinan Ormas Islam bahas masalah bangsa (Foto: Fahreza Rizky)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengundang sejumlah ulama dan pimpinan ormas Islam untuk berdialog membincangkan persoalan kebangsaan.

Berdasarkan pantauan, acara yang dibalut dengan konsep "coffee morning" ini dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ustaz Yusuf Mansyur, Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath, serta perwakilan dari ormas Islam di Indonesia.

Wiranto mengatakan, pihaknya menggelar acara ini untuk berdialog dengan ulama dan pimpinan ormas Islam dalam rangka menjaga kebersamaan sebagai sesama anak bangsa.

"Pertemuan di antara kita untuk membincangkan sesuatu yang bermaanfaat berkaitan dengan kebersamaan kita sebagai entitas bangsa," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018).

(Baca Juga: Sampaikan Pesan Jokowi, Wiranto Minta Syarikat Islam Jaga Semangat Nasionalisme)

Acara ini sengaja dikemas dalam bentuk 'coffee morning' agar pembicaraan yang diungkapkan tidak bersandiwara. Pasalnya, dengan konsep demikian suasana pertemuan tidak tegang dan penuh keharmonisan.

"Ini acara coffee morning, acara minum kopi bersama-sama. Tapi kalau acara minum kopi ini silahkan bicara untuk kebaikan. Coffee morning ini udah sering kita lakukan apalagi kalau lagi hujan. Kita mengharapkan satu acara yang sersan (serius tapi santai). Bicaranya santai tapi materinya serius," terang Mantan Panglima ABRI tersebut.

Wiranto ngopi bareng ulama 

Wiranto lalu menjelaskan pentingnya stabilitas politik dalam sebuah negara. Menurut dia, stabilitas adalah kunci untuk menyejahterakan masyarakat. Dengan stabilnya persoalan politik, hukum dan keamanan, maka pembangunan bisa berjalan lancar.

"Negara perlu stabil. Negara adalah satu wilayah pemerintahan yang sah yang isinya banyak masyarakat. Kalau oleng, ya nggak bisa kerja, nggak bisa membangun. Jadi nggak bisa memberikan kemaslahatan bagi umat," tutur Wiranto.

(Baca Juga: Wiranto: Tak Mungkin Ada Negara yang Mampu Mengatasi Ancaman Siber Sendirian!)

Karena itu, sambung dia, sebagai Menko Polhukam dirinya bertugas menjaga stabilitas politik, hukum dan keamanan dalam rangka menciptakan ketertiban di berbagai sektor, baik ekonomi, maupun sosial kemasyarakatan.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pertemuan pemerintah dengan ulama dan pimpinan ormas Islam sangat penting untuk menjaga kesepahaman dalam menjaga kedamaian di Tanah Air.

"Pertemuan ini sangat penting dan strategus dalam upaya kita bersama tidak hanya menjaga dan memelihara silaturahim, tapi juga silatul fikri," imbuh Menag.

Acara ini masih berlangsung hingga berita ini ditulis. Di lokasi, pertemuan berjalan hangat dan harmonis. Tampak suasana kekeluargaan menyeruak di seisi ruangan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini