Antisipasi Lonjakan Harga, Satgas Sebut Stok Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru Aman

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 07 November 2018 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 07 337 1974432 antisipasi-lonjakan-harga-satgas-sebut-stok-pangan-jelang-natal-dan-tahun-baru-aman-Mx44oceDGi.jpg Beras

JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Polri menyebutkan bahwa ketersediaan pangan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru aman. Meskipun, dalam waktu dekat diprediksi akan ada peningkatan permintaan beras di sejumlah daerah.

Kasatgas Pangan Polri, Irjen Setyo Wasisto menargetkan, pendistribusian stok pangan ke beberapa daerah rampung pada awal bulan depan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga akibat tingginya permintaan.

 Baca juga: Setelah 3 Pekan Ditutup, Jalur Pendakian Merbabu Kembali Dibuka

"Saya mengharapkan distribusi bahan pokok itu sudah sampai paling lambat awal Desember sudah di lokasi. Sekarang masih ada waktu untuk merapikan kegiatan itu, dan kalau bisa akhir bulan ini sudah di daerah masing-masing tujuan, lebih bagus," kata Setyo, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

 Beras

Setyo yang juga Kadiv Humas Mabes Polri itu mengakui, di beberapa tempat memang ada pelonjakan harga beras tipe medium dalam dua pekan terakhir. Menurutnya, meskipun tidak signifikan, kenaikan tersebut tetap berpengaruh pada inflasi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Setyo menyatakan, pemerintah juga akan turun tangan. Salah satunya adalah, mengadakan operasi pasar untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan.

Baca juga:  GNPF Ulama Bantah Habib Rizieq Diperiksa Polisi Arab Saudi

Tak hanya itu, menurut Setyo, distribusi pangan juga akan diprioritaskan ke daerah yang mayoritas penduduknya merayakan Natal.

 Beras

"Karena kami tahu saudara-saudara kita di wilayah seperti Sumut, Sulut, Maluku, Papua Barat, NTT, itu akan merayakan Natal. Dalam distribusi menggunakan kapal ke sana, kalau cuacanya tidak bagus juga tertunda, ini akan mengganggu harga," papar Setyo.

Selain beras, Setyo menyebut, beberapa kebutuhan pokok yang harganya diprediksi akan melonjak jelang Natal dan Tahun Baru antara lain, tepung terigu, telur, daging, daging ayam, bawang putih, dan bawang merah.

 Baca juga: GP Ansor Minta Seluruh Elemen Bangsa Fokus Melawan Opini & Gerakan Meruntuhkan NKRI

"Oleh sebab itu saya minta rekan-rekan di daerah berkoordinasi dengan stakeholder terkait, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian di daerah untuk menjaga stabilitas harga. Kalau kurang segera diisi bahan pokoknya, kalau lebih ya ditunda dulu distribusinya sehingga harga tetap stabil," tutup Setyo.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini