nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KNKT Akan Selidiki Dugaan Kerusakan Airspeed Lion Air PK-LQP

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 06 November 2018 17:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 06 337 1974106 knkt-akan-selidiki-dugaan-kerusakan-airspeed-lion-air-pk-lqp-XugXSKo8Ii.jpeg Kepala KNKT Soerjanto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tengah meneliti apakah terdapat kerusakan pada airspeed indicator milik pesawat Lion Air PK-LQP. Sebelumnya, diduga kondisi airspeed pada pesawat dengan nomor penerbangan JT-610 itu mengalami masalah.

“Bukan masalah, artinya terjadi unrielable dari airspeed-nya. Jadi airspeed-nya terjadi perbedaan antara kiri dan kanan. Kan di pesawat itu ada captain side sama cipolit side,” kata Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono di KRI Banda Aceh, Selasa (6/11/2018).

“Nah, itu yang dari empat penerbangan terakhir termasuk yang celaka itu kita mengamati ini kok terjadi unreliable speed di indicator-nya,” tambahnya.

(Baca Juga: KNKT Berhasil Unduh FDR Blakcbox Lion Air JT-610)

Oleh karenanya, Soerjanto mengakui jika KNKT tengah melakukan pembicaraan dengan pabrik pesawat tersebut. Tak cuma itu, pihaknya turut akan menggali informasi juga berdasarkan teknisi dan pilot yang pernah menerbangkan Boeing 737 Max 8 itu.

“Teknisinya dengan pilot yang menerbangkan sebelumnya untuk menggali data untuk mencari tahu kenapa penyebabnya. Tapi itu salah satu dari item yang kita harus cek. Jadi, tidak secepat narik kesimpulan itu, jauh sekali,” terang dia.

(Baca Juga: KNKT: Mesin Pesawat Lion Air Masih Hidup saat Menyentuh Air)

Tim SAR menemukan serpihan Lion Air

Dijelaskan Soerjanto, terdapat juga beberapa tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan dalam investigasi, termasuk kalau ada keanehan sedikit pun harus digali. KNKT juga akan melihat data-data yang telah dilaporkan oleh pilot usai membawa pesawat. Hal ini untuk mengetahui apakah adanya keluhan usai membawa pesawat tersebut.

"Kalau ada keluhan ditulis dari Pilot. Kalau enggak dia jawab apapun dan melakukan apapun pasti pilotnya enggak akan mau terbang. Ini yang kita lihat sekarang adalah apa yang dilakukan menjawab enggak apa yang dikeluhkan oleh pilot tadi. Jadi, apa tindakannya tepat sedang kita teliti," tegasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini