KPK Telusuri Adanya Anggota DPR di Dapil Taufik Kurniawan yang Terima Suap DAK Kebumen

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 05 November 2018 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 05 337 1973569 kpk-telusuri-adanya-anggota-dpr-di-dapil-taufik-kurniawan-yang-terima-suap-dak-kebumen-ARCs8iYQqq.jpg KPK (Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang menelisik adanya anggota DPR lain yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) asal Jawa Tengah yang sama dengan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.

Taufik Kurniawan sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen.

 Baca juga: Basarnas Ungkap Korban Lion Air Banyak Terlihat di Kedalaman 250 Meter

Taufik Kurniawan (Okezone)

"Semua proses penyelidikan atau penyidikan memang berlangsung," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kantornya, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Dalam sidang Bupati Kebumen nonaktif Muhamad Yahya Fuad, muncul fakta bahwa, Yahya sempat mendekati sejumlah anggota DPR dari Dapil yang sama dengan Taufik Kurniawan.

Syarif menambahkan, apabila nantinya dalam proses penyidikan Taufik ditemukan fakta tersebut, maka pihaknya tak akan segan-segan untuk memproses hukum. Namun, kata dia, saat ini penyidik masih fokus untuk menyelesaikan penyidikan politikus PAN tersebut.

Baca juga:  Keluarga Dilarang Melihat Jasad Korban Lion Air, Ini Alasannya

"Tetapi kalau cukupi alat bukti kami menuju ke sana tetapi sekarang yang Kebumen sampai sekarang," tutur Syarif.

 Suap

Dalam hal ini, KPK resmi menahan Taufik Kurniawan. Politikus senior PAN tersebut diduga menerima suap sebesar Rp3,65 miliar untuk mengurus APBD Kebumen.

Uang suap sebesar Rp3,65 miliar tersebut diterima Taufik Kurniawan sebagai fee atas pemulusan perolehan Dana Alokasi Khusus (DAK) ‎fisik pada perubahan APBN tahun anggaran 2016 untuk alokasi APBD Kebumen tahun anggaran 2016.

 Baca juga: Cerita Andi "Atenk", Orang di Balik Motor Custom Jokowi

Awalnya, Bupati Kebumen M. Yahya Fuad (MYF) yang telah menjadi terpidana kasus suap pemulusan APBD Kebumen mendekati Taufik Kurniawan selaku Wakil Ketua DPR RI ‎bidang ekonomi dan keuangan juga Dapil Jawa Tengah untuk memuluskan alokasi anggaran Kebumen senilai Rp100 miliar.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini