nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penahanan Bupati Nonaktif Malang Diperpanjang KPK

Antara, Jurnalis · Kamis 01 November 2018 18:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 01 337 1972108 penahanan-bupati-nonaktif-malang-diperpanjang-kpk-5FzZ8DjHty.jpg Bupati Nonaktif Malang Rendra Kresna (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan dua tersangka tindak pidana korupsi suap terkait penyediaan sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan pada Dinas Pendidikan Pemkab Malang.

Dua tersangka itu antara lain Bupati Malang nonaktif Rendra Kresna (RK) dan Ali Murtopo (AM) dari unsur swasta.

"Hari ini, dilakukan perpanjangan penahanan selama 40 hari dimulai 4 November sampai 14 Desember 2018 untuk dua tersangka tindak pidana korupsi suap terkait penyediaan sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan pada Dinas Pendidikan Pemkab Malang Tahun Anggaran 2011," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis (1/11/2018).

 Bupati Malang Kresna

Dalam penyidikan kasus itu, KPK terus mendalami terkait dugaan aliran dana pada Rendra Kresna baik dalam kasus suap maupun gratifikasi.

Untuk diketahui, KPK pada Kamis 11 Oktober telah mengumumkan Rendra Kresna sebagai tersangka menerima suap dan gratifikasi.

(Baca Juga: KPK: Bupati Malang Diperiksa sebagai Tersangka)

Dalam perkara suap, tersangka Rendra diduga menerima suap dari tersangka Ali Murtopo dari pihak swasta sekira Rp3,45 miliar terkait penyediaan sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan pada Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2011.

Dalam perkara gratifikasi, Rendra Kresna bersama-sama dengan Eryk Armando Talla (EAT) dari pihak swasta diduga menerima gratifikasi yang dianggap suap karena berhubungan dengan jabatannya dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya sebagai Bupati Malang setidak-tidaknya sampai saat ini sekitar total Rp3,55 miliar.

(Baca Juga: KPK Sita Dokumen Penting dari Rumah Anak Bupati Malang)

Penerimaan gratifikasi oleh Rendra dan Eryk diduga terkait dengan sejumlah proyek di sejumlah dinas di Kabupaten Malang.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini