nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Partai Perindo: Eksekusi Sepihak TKI Tak Seharusnya Terjadi

Kamis 01 November 2018 16:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 01 337 1972017 partai-perindo-eksekusi-sepihak-tki-tak-seharusnya-terjadi-DVfw2xj6fc.jpg Ibunda TKI TUti Tursilawati. (Foto : Fathnur Rohman/Okezone)

JAKARTA – Ketua DPW Luar Negeri Partai Perindo, Muhammad Tohong Hasibuan, menyayangkan eksekusi mati Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi, Tuti Tursilawati, yang tanpa pemberitahuan pada pemerintah Republik Indonesia (RI) sebelumnya.

“Kejadian itu sangat disayangkan dan tidak seharusnya terjadi,” ujar Tohong, Rabu (1/11/2018).

Ketua DPW Luar Negeri Partai Perindo, Muhammad Tohong Hasibuan. (Ist)

Ia memandang, Saudi mestinya tidak memutuskan secara sepihak persoalan nyawa manusia. Apalagi Tuti adalah warga dari negara lain.

“Mereka seharusnya memberikan kesempatan kepada RI untuk mengetahui duduk persoalan dan membela rakyatnya di manapun berada,” tegasnya.

TKI Tuti Tursilawati

Pegiat TKI yang ingin melanjutkan perjuangan di Senayan melalui Dapil DKI II ini berharap hal tersebut bisa menjadi pelajaran bagi Pemerintah RI.

“Sebagai sesama TKI, saya berharap semoga ke depannya RI juga bisa lebih mengetahui kondisi rakyatnya di luar negeri agar tragedi ini tidak kembali terulang,” pungkasnya.

(Baca Juga : Sebelum Dieksekusi, TKI Tuti Tursilawati Ternyata Sempat Urus Paspor Baru)

Sebagaimana diketahui, selama bekerja di Arab Saudi, almarhumah Tuti kerap mengalami ancaman dan penyiksaan dari majikan.

Apa yang menimpa Tuti Tursilawati menambah daftar panjang kasus penindasan dan ketidakadilan yang kerap dialami oleh para perempuan yang menjadi buruh migran di luar negeri.

(Baca Juga : Sambangi Rumah TKI Tuti, Direktur Relawan Jokowi: Buruh Migran Harus Dilindungi!)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini