Share

Tim Penyelam Sempat Putus Asa Sebelum Temukan Black Box Lion Air

Badriyanto, Okezone · Kamis 01 November 2018 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 01 337 1971883 tim-penyelam-sempat-putus-asa-sebelum-temukan-black-box-lion-air-I70VnvjsC5.jpg Tim ketika membawa kotak hitam. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Kotak hitam atau black box Lion Air registrasi PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610 yang jatuh ditemukan di laut Karawang akhirnya ditemukan. Benda itu diangkat oleh Anggota Taifib Marinir TNI AL Sertu Hendra yang melakukan penyelaman.

Sertu Hendra mengaku timnya sempat putus asa saat mengikuti alat yang digunakan untuk menuntun ke posisi titik kotak hitam. Pasalnya, yang ditemukan oleh timnya bukan badan besar pesawat, hanya serpihan-serpihan kecil.

Namun dengan keyakinan, timnya terus mengikuti alat dengan 'memperkecil sensitifitas hingga area semakin mengecil'. Saat timbulnya reaksi, timnya menggali di titik yang ditunjukkan hingga akhirnya menemukan kotak hitam.

(Baca juga: Kotak Hitam Lion Air yang Ditemukan Marinir Dibawa ke Tanjung Priok)

Sertu Hendra juga menerangkan kondisi bawah laut yang berlumpur dengan 'serpihan pesawat di mana-mana'. Selain itu saat turun arus di sana begitu kuat sehingga harus menggunakan tali agar tidak terlempar. Namun kenyataannya tali tersebut malah menghambat.

Tim tersebut kemudian kembali lagi ke atas dan melepas tali untuk kemudian menyelam dengan mengikuti alat yang sudah diberikan.

Sebelumnya, Kepala Badan Pencarian dan Penyelamatan atau Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi pada Rabu, 31 Oktober 2018 mengatakan, posisi kotak hitam berada di kedalaman 32 meter dari titik kordinat dari lokasi pesawat jatuh.

Foto: Ist

Syaugi mengungkapkan sinyal yang biasa dikeluarkan dari kotak hitam sudah terdengar. Namun, tim penyelam mengalami kesulitan dikarenakan arus laut sangat kuat dan bisa membahayakan penyelam.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini