Share

Basarnas Kerahkan Tim BSG untuk Proses Pencarian Korban

Pernita Hestin Untari, Okezone · Senin 29 Oktober 2018 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 29 337 1970262 basarnas-kerahkan-tim-bsg-untuk-proses-pencarian-korban-qeN7lSpzg2.jpg Ilustrasi Lion Air

JAKARTA - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT610 jatuh di Tanjung Karawang. Sebelumnya pesawat lepas landas dari Jakarta dengan tujuan Pangkal Pinang mendadak hilang kontak sekira pukul 06.20 pagi, beberapa saat setelah lepas landas.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Madya Muhammad Syaugi menegaskan jika pihaknya tengah mendalami bagaimana situasi lokasi pesawat jatuh. Selain itu, ia juga tengah mengerahkan personelnya yang tergabung dalam Basarnas Special Group (BSG) dalam proses pencarian korban.

"Kita temukan lokasi 2 nautikal mile tempat lost kontaknya, sekarang kita dalami bagaimana situasi di situ. Baik dari SAR Jakarta, Bandung, Cirebon, Lampung ada kapal kecil 130 personel plus BSG 30 orang," kata dia kepada Okezone, Senin (29/10/2018).

Tidak hanya sampai disitu, dia menyampaikan jika posko evaluasi terdekat ada di Jakarta, pasalnya karena personel besar ada di Jakarta.

Ilustrasi Lion Air

Baca Juga: Pesawat Lion Air yang Hilang Kontak Diduga Jatuh di Sekitar Tanjung Karawang

"Mudah-mudahan kita berdoa ada yang selamat, sekarang masih proses pencarian tersebut," harap dia.

Sementara itu, Ketua Komite Keselamatan Transportasi (KNKT), Suryanto Cahyono juga meyakini pesawat jatuh ke dalam air setelah hilang kontak.

"Kita diskusi dengan Kabasarnas karena tidak aktif kami yakin pesawat masuk ke dalam air dan emergency locater tranmisi (ELT) nya di dalam air kita perkirakan bersama pesawatnya ke dalam air," kata dia.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan jika masih belum dapat memastikan apapun tetang alasan dibalik pesawat jatuh, sebelum menemukan black box-nya.

"Kita ambil data dari menara pengawas. Pesawat modernya VOCA ada data yang diambil dari pesawat tapi yang penting black box-nya," kata dia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini