nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sumpah Pemuda Bisa Jadi Benteng Indonesia dari Perpecahan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 28 Oktober 2018 19:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 28 337 1970073 sumpah-pemuda-bisa-jadi-benteng-indonesia-dari-perpecahan-lQ9QjMbAbi.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin, kerap menggaungkan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Senapas dengan Ma'ruf Amin, Arus Baru Indonesia (ARBI) mengawal hal tersebut dan mengingatkan bahwa Hari Sumpah Pemuda adalah momentum untuk mempersatukan Indonesia.

“Sumpah Pemuda itu komitmen kebangsaan yang luhur, tujuannya untuk mempersatukan pemuda Indonesia sebagai tokoh utama pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia,” ujar Ketua Umum ARBI Lukmanul Hakim, Jakarta, Minggu (28/10/2018).

Peringatan Sumpah Pemuda ke-90, sambungnya, harus bisa kembali menelurkan persatuan di kalangan pemuda Indonesia. Sebab, Sumpah Pemuda itu komitmen kebangsaan yang luhur, tujuannya untuk mempersatukan pemuda Indonesia sebagai tokoh utama pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia.

(Baca Juga: Di Hari Sumpah Pemuda, KSP Ungkap Tantangan Anak Muda di Era Digital)

Ma'ruf

Indonesia tidak mungkin merdeka tanpa adanya persatuan. Lukmanul menegaskan, pemahaman itu pula yang digaungkan Ma'ruf Amin, dan tertuang dalam sembilan pilar ARBI yang terkonsep sesuai pemikiran Ma’ruf.

“Karena itu, semangat persatuan harus terus dijaga dalam kerangka membawa Indonesia menjadi bangsa dan negara yang maju, adil, dan mandiri,” ujarnya.

Peringatan Sumpah Pemuda bisa menjadi benteng mencegah Indonesia dari perpecahan karena isu dan finah di tengah derasnya arus informasi. Karena kegaduhan dan provokasi, menjadi cara termudah untuk membuat rakyat terpolarisasi secara ekstrem.

"Ini yang harus kita cegah melalui momentum Sumpah Pemuda,” tegasnya.

(Baca Juga: Viral Siswa SMA di Purwokerto Panjat Tiang Bendera saat Upacara Sumpah Pemuda)

Selain itu, makna lainnya bisa menjadi refleksi semangat persatuan bangsa sebagai arah baru pergerakan umat. Baik itu di bidang ekonomi, pendidikan, sosial, dan budaya.

“Dalam semangat Sumpah Pemuda, saatnya kita kembali bersatu. #SatukanKitaSatukanIndonesia,” pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini