nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OTT Anggota DPRD Kalteng Diduga Terkait Limbah Perusahaan di Danau Sembulu

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 27 Oktober 2018 11:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 27 337 1969663 ott-anggota-dprd-kalteng-diduga-terkait-limbah-perusahaan-di-danau-sembulu-j6dSpix9x2.jpg

JAKARTA - Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangkah sejumlah anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) dan pihak swasta pada Jumat, 27 Oktober 2018, kemarin. Ada 14 orang yang diamankan KPK di Jakarta terkait tangkap tangan itu.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, tangkap‎ tangan terhadap anggota DPRD Kalteng tersebut diduga berkaitan dengan pembuangan limbah PT Bina Sawit Sawit Abadi Pratama di Danau Sembulu.

"Diduga terkait dengan peristiwa pembuangan limbah perusahaan sawit ke Danau Sembuluh di Kalteng," kata Febri saat dikonfirmasi, Sabtu (27/10/2018).

Tak hanya mengamankan anggota DPRD Kalteng dan pihak swasta, tim juga menyita uang ratusan juta rupiah dalam operasi senyap kemarin. Uang yang disita itu diduga bagian dari komitmen fee pengusaha kepada sejumlah anggota DPRD Kalteng untuk mengurus pembuangan limbah sawit di Danau Sembulu.

(Baca Juga: OTT Anggota DPRD Kalteng, KPK Sita Uang Ratusan Juta Rupiah)

"Suap untuk fungsi pengawasan DPRD. Terkait tindak lanjut setelah DPRD Kalteng meninjau lokasi," katanya.

Meskipun demikian, Febri masih enggan membeberkan identitas anggota DPRD maupun pihak swasta yang diamankan dalam OTT kemarin. Dikatakan Febri,14 orang yang diamankan saat ini masih diperiksa intensif di Gedung KPK Jakarta.

"Delapan anggota DPRD dan enam swasta sudah smpai di Gedung KPK untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif," terangnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone, terdapat 13 anggota Komisi B DPRD Kalteng serta pihak swasta yang diamankan dalam OTT kemarin.‎ Komisi B DPRD Kalteng sendiri salah satu tugas dan fungsinya yakni mengurusi atau mengawasi masalah lingkungan hidup.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini