Pertemuan JK & Pimpinan Ormas Islam Sepakati Akhiri Kekisruhan Pembakaran Bendera Tauhid

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 26 Oktober 2018 22:41 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 26 337 1969570 pertemuan-jk-pimpinan-ormas-islam-sepakati-akhiri-kekisruhan-pembakaran-bendera-tauhid-YWpvGYZ70a.jpg Foto Istimewa

JAKARTA - Pertemuan antara Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) menemui sejumlah perwakilan pimpinan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam di Rumah Dinasnya, Jalan Taman Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, menghasilkan untuk mengakhiri kekisruhan kasus pembakaran bendera oleh anggota Banser NU di Kota Garut.

"Forum sepakat untuk meredam kegaduhan ini, mengingat mereka juga telah meminta maaf," kata Gus Sofwan yang merupakan Aspri Ketua Umum PBNU melalui keterangan tertulisnya kepada Okezone, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Selain itu, pertemuan tokoh agama yang dipimpin Wapres, juga menghasilkan diskusi forum yang menyesalkan kasus itu terjadi, baik yang membawa bendera maupun yang membakar.

(Baca juga: Polri Telusuri Jejak Digital Tersangka Pembawa Bendera HTI di Garut)

 jk

(Baca juga: Usai Sampaikan Aspirasi, Massa Aksi Bela Tauhid Bubarkan Diri)

Pasalnya dalam hal ini, keduanya dinilai telah membuat kesalahan dan menciptakan kegaduhan sosial. Sementara itu, dalam hal ini, forum juga menyerahkan sepenuhnya kepada aparat kepolisian untuk melakukan proses hukum.

"Adapun kasus hukumnya diserahkan pada penegak hukum. Semua pimpinan ormas sepakat mempererat silaturahmi unruk menjaga persatuan dan kedamaian," tutur dia.

Beberapa tokoh yang hadir dalam pertemuan ini, antara lain, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj, Ketum Persis Maman Abdurrahman.

 JK

Tak hanya itu, tatap muka ini juga dihadiri ooeh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim, Ketum MUI KH Ma'ruf Amin, Ketum PBNU Said Aqil Siraj, Sekjen MUI dan Bendahara Umum PP Muhammadiyah Anwar Abbas.

Disamping itu, Hadir juga Helmi Faisal Sekjen PBNU, Azzumardi Azra cendikiawan, dan Imam Addaruqutni. Sampai saat ini, pertemuan masih terus berlangsung.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini