nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Poco-Poco Meriahkan Pembukaan PKN Revolusi Mental Kemenko PMK di Manado

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 26 Oktober 2018 17:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 26 337 1969438 poco-poco-meriahkan-pembukaan-pkn-revolusi-mental-kemenko-pmk-di-manado-ClKEaEV0Vp.jpg Senam poco-poco di pembukaan PKN Revolusi Mental di Manado (Arie/Okezone)

MANADO - Kementeriaan Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental di Lapangan KONI Sario, Manado, Sulawesi Utara. Acara tersebut berlangsung sejak 26 hingga 28 Oktober 2018.

Pantauan Okezone di lapangan KONI Sario, Jumat (26/10/2018), ribuan siswa-siswi dari SMAN 1 Manado turut menyemarakkan pembukaan PKN Revolusi Mental dengan manampilkan senam poco-poco, pada hari ini. Mereka tampak kompak menampilkan gerakan poco-poco.

Acara pembukaan PKN Revolusi Mental sendiri rencananya akan dihadiri oleh Menko PMK, Puan Maharani, Mendagri, Tjahjo Kumolo, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, serta para pejabat daerah‎ Manado.

Adapun rangkaian acara yang akan digelar dalam PKN Revolusi Mental selama tiga hari ini antara lain:

1. Pemutaran film bertemakan Revolusi Mental. Kegiatan ini juga akan diselingi dengan diskusi bersama penggiat film.

Adapun film yang akan ditayangkan dalam PKN Revolusi Mental 2018 adalah Air dan Api yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2018 yang bertempat di Lapangan KONI Sario. Selanjutnya, pada tanggal 27 Oktober 2018 akan diputar Lima, Jalan Pipikoro, dan Darah Garuda.

2. Rembuk Nasional dan Workshop tentang Indonesia Melayani - Indonesia Bersih - Indonesia Tertib - Indonesia Mandiri - Indonesia Bersatu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menginventarisasi seberapa jauh implementasi GNRM yang telah dilaksanakan.

Rembuk akan dibuka oleh keynote speech para Menteri antara lain Menko Polhukam, Menko Maritim, Menko Perekonomian, Menteri PAN&RB dan Mendagri dan juga akan dihadiri oleh tokoh-tokoh inspiratif.

Kegiatan digelar pada tanggal 27 Oktober 2018 di lima tempat secara bersamaan yaitu Swissbell Hotel Manado (Gerakan Indonesia Melayani), Novotel Manado (Gerakan Indonesia Tertib), Hotel Aryaduta Manado (Gerakan Indonesia Bersih), Hotel Four Points Manado (Gerakan Indonesia Mandiri), dan Hotel Peninsula Manado (Gerakan Indonesia Bersatu).

3. Pameran Inovasi Layanan Publik yang diikuti oleh 100 stand dari Kementerian/Lembaga, Provinsi, Kabupaten/Kota. Pameran tersebut diadakan untuk mempresentasikan perubahan pelayanan sebagai implementasi Revolusi Mental.

Pameran berlangsung dari tanggal 26 hingga 28 Oktober 2018, bertempat di Gedung eks DPRD Provinsi Sulawesi Utara. Beberapa kegiatan pameran inovasi layanan publik yang akan disajikan antara lain simulasi tes CAT oleh BKN yang diperuntukkan bagi para pelamar CPNS, akses pencetakan E-KTP, perpanjangan SIM, dan lainnya.

4. Pementasan seni tari dan budaya daerah di Lapangan KONI Sario pada 26 Oktober 2018.

5. Karnaval yang dimeriahkan dengan pawai pakaian daerah dan ragam kreatifitas budaya Indonesia yang akan diawali di Lapangan KONI Sario dan diakhiri di Depan ITC Manado. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2018 pada pukul 15:00 WITA.

Selain kegiatan di atas, kegiatan PKN Revolusi Mental 2018 diawali dengan gerakan aksi 34 provinsi dalam bulan pemantapan Gerakan Revolusi Mental. Gerakan aksi tersebut berlangsung sejak tanggal 1 hingga 31 Oktober.

Selain itu, Sekretariat Revolusi Mental Kemenko PMK telah menyelenggarakan pre-event. Di antaranya forum temu netizen di Kota Manado yang dihadiri oleh pelajar, mahasiswa, dan komunitas.

Melalui kegiatan ini, peserta diajak untuk memviralkan pesan-pesan positif untuk menyemarakkan gelaran PKN Revolusi Mental. Kegiatan temu netizen ini berhasil meraih trending topic kedua di Indonesia dengan hashtag#PKNRM18AyoBerubahSulut.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini