Share

Sikapi Aksi Bela Tauhid, Ketua DPR Imbau Masyarakat Menahan Diri

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 25 Oktober 2018 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 25 337 1968986 sikapi-aksi-bela-tauhid-ketua-dpr-imbau-masyarakat-menahan-diri-PZlvANvn3r.jpg Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Ist)

JAKARTA - Barisan Nusantara Pembela Tauhid (BNPT) akan menggelar Aksi Bela Tauhid di Jakarta, pada Jumat 26 Oktober 2018 imbas pembakaran bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang bertuliskan kalimat tauhid.

Merespons hal tersebut, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengimbau, agar seluruh elemen bangsa dapat menahan diri guna menghindari perpecahan.

“Ya saya mengimbau kepada seluruh elemen bangsa agar bisa menahan diri jangan, agar tidak terjadi perpecahan kan semua pihak sudah, penegak hukum sudah mengungkap apa itu dan bagaiman itu bisa terjadi,” ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

(Baca Juga: Ada Aksi Bela Tauhid di Jakarta Besok, Polda Metro Siapkan Pengamanan)

Dikatakan Bamsoet, sebaiknya seluruh pihak agar dapat menyerahkan pembakaran bendera tersebut imbas pembakaran bendera HTI. “Jadi, menurut saya kalau itu udah diselesaikan oleh penegak hukum maka serahkan kepada proses hukum yang berlaku jadi tugas kita sekarang adalah bagaiaman menjaga agar tidak terjadi keretakan bangsa,” kata Bamsoet.

Pembakaran bendera HTI

Sebelumnya diberitakan Okezone, beredar video berdurasi 02.05 menit di media sosial yang menyorot aksi Banser NU membawa bendera berwarna hitam bertuliskan kalimat tauhid saat acara perayaan Hari Santri Nasional di Garut, Jawa Barat. 

Belasan anggota Banser lainnya kemudian berkumpul dan menyulut bendera tersebut dengan api. Aksi nekat Banser itu kemudian ramai dan dikecam banyak pihak karena telah membakar bendera yang mirip dengan alliwa dan arrayah, bendera yang digunakan pasukan perang Rasulullah.

GP Ansor membantah bahwa yang dibakar Banser adalah bendera tauhid. Menurutnya, bendera yang dibakar adalah bendera HTI.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini