Share

4 Tahun Jokowi-JK, Wiranto: Stabilitas Politik Naik-Turun, tapi Tak Sampai Mendidih

Bayu Septianto, Okezone · Kamis 25 Oktober 2018 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 25 337 1968778 4-tahun-jokowi-jk-wiranto-stabilitas-politik-naik-turun-tapi-tak-sampai-mendidih-TPeD8XxGYV.jpg Menko Pulhukam Wiranto (Rizky/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyatakan stabilitas politik di Indonesia selama empat tahun kepemimpinan Joko Widodo-Jusuf Kalla masih terkendali. Meski suhunya naik turun karena berbagai faktor.

"Stabilitas politik naik turun, tetapi, enggak sampai mendidih," kata Wiranto saat memaparkan capaian 4 Tahun Kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla versi Kemenko Polhukam di Gedung 3 Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Wiranto menyebut indeks demokrasi di Indonesia selama 4 tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla berjalan dengan baik. Kenaikan indeks demokrasi menunjukkan adanya upaya perbaikan yang terus menerus dilalukan pemerintah dalam bidang politik.

"Ada kenaikan artinya ada perbaikan dalam kehidupan politik nasional kita,".

 

(foto Bayu/Okezone)

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada 2017, angka Indikasi Demokrasi Indonesia atau IDI 2017 mencapai angka 72,11 dalam skala 0 sampai 100. Angka ini meningkat dibandingkan angka IDI 2016 yang sebesar 70,09.

"Ada 26 indikator dapat dijamin bahwa demokrasi di Indonesia terjadi dengan baik," kata Wiranto.

Wiranto juga tak menampik terdapat sejumlah indikator pada indeks demokrasi yang mengalami penurunan. Namun, pemerintah Jokowi-JK diakui Wiranto bisa mengendalikannya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini