nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diperiksa 5 Jam soal Pencemaran Nama Baik, Rizal Ramli Angkat Topi Buat Polisi

Badriyanto, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2018 17:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 24 337 1968430 diperiksa-5-jam-soal-pencemaran-nama-baik-rizal-ramli-angkat-topi-buat-polisi-cOshtHJPLx.jpg Rizal Ramli usai diperiksa Polda Metro Jaya (Foto: Badriyanto/Okezone)

JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli telah rampung diperiksa sebagai terlapor kasus dugaan pencemaran nama baik Ketua Umum NasDem Surya Paloh karena dituding sebagai dalam dibalik kebijakan impor yang dilakukan pemerintah sehingga membuat nilai tukar rupiah melemah.

Rizal Ramli diperiksa selama kurang lebih lima jam oleh tim penyidik, ia pun memuji polisi yang dianggapnya telah bekerja secara profesional.

"Tadi kami ditanya penyidik Polda Metro Jaya selama lima jam sangat profesional, kami angkat topi kepada penyidik yang profesional, dengan pertanyaan yang bagus-bagus," kata Rizal Ramli usai jalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Rizal Ramli menjelaskan garis besar materi penyidikan, ia mengaku dicecar soal statemennya yang disampaikan saat diwawancara oleh dua stasiun televisi swasta. Menurutnya, sama sekali tidak ada niat untuk mencemarkan nama baik Surya Paloh melainkan sekadar berbagi informasi soal kebijakan impor yang dilakukan pemerintah.

"Kami selalu fokus tentang analisa fakta, saran, dan solusi bagaimana impor dan memperkuat nilai tukar rupiah," pangkasnya.

(Baca Juga: Pengacara Ungkap Keanehan Pemanggilan Rizal Ramli soal Pencemaran Nama Baik)

Sebelumnya diberitakan Okezone, Ketua Badan Advokasi Hukum Partai Nasdem Taufik Basari membuat laporan setelah sebelumnya sudah melayangkan somasi agar Rizal Ramli menarik tudingannya yang dialamatkan kepada Surya Paloh.

Laporan diterima polisi dengan nomor TBL/4963/IX/2018/PMJ/Dit Reskrimum tertanggal 17 September 2018. Rizal terancam Pasal 310 dan atau 311 KUHP dan atau Pasal 27 Ayat 3 junto Pasal 45 Ayat 3 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini