Jokowi dan 28 Ribu Pemuda Bakal Bacakan Ikrar Sumpah Pemuda

Amril Amarullah, Okezone · Rabu 24 Oktober 2018 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 24 337 1968408 jokowi-dan-28-ribu-pemuda-bakal-bacakan-ikrar-sumpah-pemuda-wg5vhJoTjL.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

JAKARTA – Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh menyampaikan, saat ini Indonesia mengalami bonus demografi generasi muda. Hal ini, menguntungkan Indonesia karena pemuda adalah penentu kemajuan Bangsa.

Hal tersebut terbukti pada Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu, di mana atlet-atlet muda Indonesia berhasil mengukir kenangan manis dengan tercapainya target, bahkan mengukir sejarah tersendiri.

“Ini karena kerja keras para Pemuda (atlet). Energy of Asia yang harus kita serap menjadi energi untuk bangsa,” papar Ni’am, Rabu (24/10/2018).

Ni’am juga menyampaikan, saat ini Indonesia sedang menghadapi masalah nasional, yakni bahaya laten perpecahan dan disintegrasi hanya karena perbedaan pendapat, keyakinan, bahkan pandangan politis.

Di sisi lain, Indonesia tengah diuji dengan musibah bencana yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan Palu, Sulawesi Tengah. Karena itulah, pada momen peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90, 28 Oktober 2018 mendatang, Kemenpora akan menggelar event bertajuk “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”

“Sumpah Pemuda adalah momentum historis untuk mempersatukan semua elemen bangsa untuk menghadapi semua tantangan bersama. Dengan adanya Event “Bangun Pemuda” diharapkan bisa meneguhkan persatuan seluruh elemen bangsa untuk menghadapi segala permasalahan yang kita hadapi saat ini melalui aksi konkret untuk Indonesia,” ucap Ni’am.

Ilustrasi sumpah pemuda

Sejumlah event utama dan pendukung digelar dalam peringatan HSP ke-90 ini. Event utamanya adalah Upacara Bendera seluruh staf Kemenpora bersama sejumlah organisasi Kepemudaan dan bibit atlet berprestasi Indonesia yang berlangsung di Plaza Graha Kemenpora. Sebelumnya juga diselenggarakan Sarasehan “Legenda Kepemudaan” yang akan dihadiri oleh para tokoh pemuda di jamannya. Tambah Ni’am.

Event utama selanjutnya pengucapan ikrar Sumpah Pemuda direncanakan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo ((Jokowi) bersama sekitar 28 ribu pemuda di Gelanggang Olahraga Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur. Acara ini dikemas dalam Youth Expo and Festival pada 28 Oktober 2018. Pengucapan ikrar Sumpah Pemuda ini dilakukan tepat pukul 17.30 WIB, seperti jam pada peristiwa Sumpah Pemuda 1928, lalu.

Para pahlawan olahraga, peraih medali emas Asian Para Games dan Asian Games 2018 yang saat ini telah menjadi idola baru masyarakat, juga akan menggemakan semangat persatuan. “Mereka akan bersatu padu menggemakan rasa cinta tanah air, rasa kebersamaan dan persatuan,” ujar mantan Ketua KPAI ini.

Adapun sejumlah acara menarik yang akan turut memeriahkan event Youth Expo and Festival antara lain talkshow dan exhibition, karnaval, pameran kewirausahaan pemuda, komunitas, dan hiburan. Talkshow dan exhibiton akan menampilkan pahlawan muda masa kini untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan sehingga bisa sukses di usia muda. Di antaranya, pengusaha dan motivator Merry Riana, pendiri Nalacity Foundation Hafiza Elfira, pendiri rumah kreatif Banjarmasin Muhammad Aripin, pemenang medali emas Asian Games 2018 & Asian Para Games 2018.

Pada event karnaval yang dilombakan, akan menampilkan parade seni dan budaya yang diikuti oleh pelajar, mahasiswa, dan para pemuda dari berbagai sekolah, kampus, dan kampung se-Jabodetabek dengan menggunakan baju daerah dan koreografi yang menarik. Kemudian, ada pameran kewirausahaan pemuda yang terdiri lebih dari 300 stan sepanjang 1,5 kilometer, meliputi clothing/fashion, handicraft, music/sport, kuliner, dan lain-lain.

Selain itu, ada atraksi dan unjuk kemampuan komunitas dan individu dalam berbagai cabang aktivitas, seperti BMX, skateboard, dance, freestyle-basket ball, capoeira, dan street performance lainnya. Tak ketinggalan juga akan ada berbagai tarian daerah yang berpadu dengan pertunjukan musik pada 2 panggung berbeda. Serta penampilan dari musisi ternama, seperti Repvblik, Cokelat, Tipe-X, dan Kotak. 

Sebagai penutup dari rangkaian peringatan HSP ke-90, ada “Malam Anugerah Kepemudaan 2018”, pada 29 Oktober yang berlangsung di Balai Samudera TNI AL, Jakarta. “Kami berharap, semua event itu bisa menimbulkan kebanggaan para pemuda dengan melihat kembali Semangat Pemuda di tahun 1928. Dan di event ini, seluruh bangsa Indonesia akan melihat bahwa kita bisa berbangga memiliki ribuan pemuda yang menjadi pahlawan muda dengan cara mereka masing-masing, yang akan memberikan masa depan cerah bagi indonesia,” tutup Ni’am.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini