Share

Rentetan Capaian Dana Desa Rp187 Triliun yang Digelontorkan Jokowi

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 23 Oktober 2018 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 23 337 1967972 rentetan-capaian-dana-desa-rp187-triliun-yang-digelontorkan-jokowi-xPHLGF9rxa.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes) Eko Putro Sandjojo mengatakan, dana desa sebesar Rp187 triliun yang telah dikucurkan pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama empat tahun digunakan untuk membangun infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Sebagai contoh, desa membangun lebih dari 158 ribu kilometer jalan desa, ini belum pernah terjadi di Indonesia," kata Eko dalam acara 'Empat Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla', di Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

 Ilustrasi

Selain itu, dana tersebut juga dipakai untuk pembangunan PAUD, pondok bersalin desa (Polindes), Posyandu, satu juta unit sarana air bersih, dan 75 ribu unit MCK di desa-desa yang belum memiliki fasilitas tersebut.

"Jadi, dana desa ini nomor satu dipakai dulu untuk pemberdayaan sumber daya manusia dulu, supaya kualitas sumber daya manusia dengan pengadaan air bersih, MCK, PAUD, Polindes, ada Posyandu," terangnya.

(Baca Juga: 4 Tahun Memimpin, Jokowi Habiskan Rp187 Triliun untuk Dana Desa)

Setelah pembangunan SDM selesai, sambung Eko, pembangunan dilanjutkan untuk mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat di desa. "Seperti jalan sarana irigasi, pasar, BUMDes, dan sebagainya," tuturnya.

Eko mengatakan, sejak pemerintahan Jokowi anggaran dana desa terus meningkat sejak 2015. Hal itu merupakan komitmen politik untuk mengurangi kesenjangan dan kemiskinan, terutama yang ada di desa-desa.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini